Alumni IPB Tanam Padi “Super” IPB3S di Subang | Villagerspost.com

Alumni IPB Tanam Padi “Super” IPB3S di Subang

Seminar terkait keunggulan tanaman padi varietas ipbs3 sebelum acara tanam padi oleh alumni IPB di Subang, Jawa Barat (dok. villagerspost.com/deni nurhadiansyah)

Seminar terkait keunggulan tanaman padi varietas ipbs3 sebelum acara tanam padi oleh alumni IPB di Subang, Jawa Barat (dok. alumni ipb)

Alumni IPB melakukan penanaman padi varietas IPB3S di sawah di Subang (alumni IPB)

Alumni IPB melakukan penanaman padi varietas IPB3S di sawah di Subang (dok. alumni ipb)

Alumni IPB bersama berbagai pihak bahu membahu menanam padi super IPB3S (dok. alumni ipb)

Alumni IPB bersama berbagai pihak bahu membahu menanam padi super IPB3S (dok. alumni ipb)

Kegembiraan para alumni IPB usai penanaman padi varietas IPB3S (dok. alumni ipb)

Kegembiraan para alumni IPB usai penanaman padi varietas IPB3S (dok. alumni ipb)

Deni Nurhadiansyah, petani yang juga alumni IPB, menjelaskan keunggulan IPB3S (dok. alumni ipb)

Deni Nurhadiansyah, petani yang juga alumni IPB, menjelaskan keunggulan IPB3S (dok. alumni ipb)

Subang, Villagespost.com – Dewan Pengurus Cabang Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPC HA-IPB) Kabupaten Subang, melaksanakan penanaman padi varietas “super” IPB3S di desa Kiarasari, Compreng, Subang, Jawa Barat, Sabtu (19/11). Hadir dalam penanaman padi IPB3S tersebut Ketua Himpunan Alumni IPB Bambang Hendroyono bersama rombongan Dewan Pengurus Pusat HA-IPB, Ketua DPRD Subang Ir. Beni Rudiono.

Turut hadir pula Kepala Desa Kiarasari, KTNA Kabupaten Subang, HKTI Kabupaten Subang, HIPMI DPC Kabupaten Subang, Perwakilan Kodim 0605 Subang, Ketua Umum Gerakan Petani Nusantara Hermanu Triwidodo dan para pelajar SMK Pertanian 1 Compreng dan SMKN 2 Pertanian Cipunagara. Jumlah peserta yang hadir dalam acara itu, total mencapai 275 orang.

Dalam kesempatan itu, Ketua Himpunan Alumni IPB Bambang Hendroyono mengungkapkan apresiasinya terhadap DPC IPB Subang yang merupakan DPC pertama yang telah menginisiasi kegiatan penanaman padi varietas IPB3S ini. Bambang berharap hal ini bisa diikuti oleh DPC yang lainnya.

“Kita akan menjadikan program ini sebagai program HA-IPB secara nasional sebagai salah satu wujud dukungan IPB atas program swasembada yang dicanangkan pemerintah. Dari Subang inilah alumni IPB memulai untuk berpartisipasi aktif mendukung hasil penemuanĀ  Ilmu Pengetahuan dan Teknologi IPB melalui penanaman varietas IPB3S. Saya mengajak alumni IPB lainnya di seluruh Indonesia untuk turut mengikuti dan mengembangkan ini semua,” ajak Bambang.

Sementara itu Ketua DPC HA-IPB Kabupaten Subang Agus Masykur Rosyadi mengucapkan terimakasih atas kehadiran DPP HA-IPB dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. “Semoga apa yang kita lakukan ini bisa diikuti oleh masyarakat lainnya sehingga produktivitas sawah di Subang bisa semakin meningkat dan Subang bisa menjadi penghasil padi rangking 1 di Jawa Barat dari saat ini yang menempati posisi ketiga, sehingga semakin kukuh menjadi lumbung padi nasional,” kata Agus.

Ketua DPRD Ir. Beni Rudiono, atas nama pemerintah Kabupaten Subang, juga mengucapkan rasa terima kasihnya karena sudah menjadikan Subang sebagai lokasi penanaman padi varietas IPB3S. “Saya juga berharap IPB di Subang juga bisa mengembangkan sektor lainnya seperti perkebunan dan kehutanan. Kabupaten Subang memiliki lahan perkebunan yang luas dan sebagian belum tergarap secara optimal, saya harap alumni IPB juga bisa berperan di sektor ini, sehingga kejayaan perkebunan Subang di masa lalu bisa kembali” jelas Beni.

Kades Kiarasari Bonan Subagja juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Alumni IPB yang giat melakukan riset di daerahnya. “Mudah-mudahan dengan penerapan hasil riset di sini pada akhirnya akan meningkatkan hasil panen dan penghasilan petani,” katanya.

Deni Nurhadiansyah panitia pelaksana sekaligus pemilik lahan yang ditanami IPB 3S sangat concern dengan penerapan teknologi yang dimiliki IPB di daerahnya. Dirinya juga berharap apa yang dilakukannya kemudian bisa diikuti oleh para petani di daerahnya, sehingga produktivitas sawah mereka pun ikut meningkat. “Alumni IPB harus menjadi jembatan antara ilmu pengetahuan teknologi yang sudah dihasilkan IPB dengan para petani,” ujar Deni.

Deni sendiri mengaku sudah 4 musim menanam padi varietas IPB3S di lahan sawah miliknya dan sudah membuktikan keunggulannya. “Setiap musim sawah saya menghasilkan 8-9 ton per hektare, melebihi rata-rata produktivitas sawah lainya di Subang,” tegas Deni. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *