Bara Sumpah Pemuda di Rumah Baca Sarinah | Villagerspost.com

Bara Sumpah Pemuda di Rumah Baca Sarinah

Anak-anak petani di Desa Malinjak, Sumba Tengah, mengisi Hari Sumpah Pemuda dengan membaca di Rumah Baca Sarinah (dok. villagerspost.com/rooslinda rambu lodji)

Anak-anak yang membaca di Rumah Baca Sarinah juga mendapatkan bimbingan dari para relawan (dok.villagerspost.com/rooslinda rambu lodji)

Tak hanya anak-anak,orang dewasa pun ikut menumbuhkan semangat membaca di Rumah Baca Sarinah (dok. villagerspost.com/rooslinda rambu lodji)

Para remaja pun tak ketinggalan ikut membaca di Rumah Baca Sarinah (dok. villagerspost.com/rooslinda rambu lodji)

Berbagai buku sumbangan para pegiat literasi disajikan di Rumah Baca Sarinah (dok. villagerspost.com/rooslinda rambu lodji)

Sumba Tengah, Villagerspost.com – Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober, tak melulu harus diisi dengan upacara atau ragam acara seremonial lainnya. Di Desa Malinjak, Kecamatan Katikuna Selatan, Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, Sumpah Pemuda dimaknai sebagai upaya nyata untuk menumbuhkan minat membaca dan belajar bagi anak-anak desa.

Para relawan Rumah Baca Sarinah, menjadi momen Sumpah Pemuda untuk mengajak tak hanya anak-anak, tetapi juga para remaja dan orang dewasa, untuk membangkitkan lagi semangat untuk membaca demi menambah wawasan dan pengetahuan. Kebetulan, Sabtu (28/10), memang merupakan hari dimana Rumah Baca Sarinah menggelar aktivitasnya.

Berbagai buku dan bahan bacaan lainnya yang merupakan sumbangan para pegiat literasi, disajikan untuk bisa dilalap habis oleh anak-anak, remaja dan orang dewasa di Desa Malinjak yang memang haus akan pengetahuan. Saat ini, untuk anak-anak dari kelas 2-6 SD, sudah ada sejumlah 20 anak yang aktif membaca di Rumah Baca Sarinah, setiap Kamis dan Sabtu. Sementara anak usia pendidikan usia dini (PAUD) sudah mencapai 15 orang.

Rumah Baca Sarinah yang semakin berkembang, juga mengajak anak-anak muda baik di Sumba, maupun luar Sumba untuk bergabung, membimbing anak-anak petani di Sumba ini untuk belajar dan menambah wawasan, membaca sang jendela dunia. Berminat? Anda bisa menghubungi Rooslinda Rambu Lodji, Jalan Lintas Wailawa, Simpang SMA 1 Waibakul, No 2, Desa Malinjak, Kecamatan Katikuna Selatan, Sumba Tengah. Kode Pos: 87282. Telepon: 082247409846

Laporan/Foto: Rooslinda Rambu Lodji, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *