Bekal Semangat Kerelawanan, Mendidik Generasi Petani Berakhlak Mulia | Villagerspost.com

Bekal Semangat Kerelawanan, Mendidik Generasi Petani Berakhlak Mulia

Membangun Generasi Religi Di Thoriqulhuda YouTube play
Bandung, Villagerspost.com – Kata orang bijak, “warisan terbaik adalah pendidikan”. Begitupun dengan Madrasah Ibthidaiyah Thoriqulhuda yang berlokasi di Kampung Sukalilah, Desa Sukamanah, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Membimbing para siswanya dengan dasar-dasar pengetahuan agama menjadi basis pendidikan di sekolah ini.

Dengan demikian diharapkan, para generasi bangsa ke depannya memiliki ahlak mulia, yang mampu menjadi kebanggaan para orang tuanya,serta bermanfaat bagi bangsa dan negara. Kepala Sekolah MI Thoriqulhuda Anisa Sovia mengatakan, prinsip tersebut teus dipegang sejak berdirinya sekolah tersebut pada tahun 2012, hingga kini.

” Walau dengan sarana dan prasarana yang masih terbatas namun proses belajar mengajar berjalan lancar, Alhamdulilah,” ucap Anisa, kepada Villagerspost.com, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, 99 persen siswa di sekolah ini adalah anak petani hortikultura di Pangalengan. “Sebab Pangalengan sudah dikenal sejak dulu sebagai penghasil sayuran,” terang Anisa.

Anak-anak tetap besemangat belajar meski tanpa ditunjang fasilitas yang memadai. “Fasilitas seadanya saja, namun yang belum ada seperti alat peraga pendidikan, sarana olahraga, perpustakaan. Terkadang trenyuh juga jika fasilitas tersebut beum ada,” tambahnya.

Menurutnya Sovia, semua guru di sini masih status relawan. “Jumlahnya ada 12 orang, kami berjuang bagaimana para siswa mampu memiliki jiwa religiusitas seusai lulus dari MI Thoriqulhuda ini. Semoga juga ada perhatian dari pemerintah,” tuturnya.

Laporan/Video: Rahmat Adinata: Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *