BUMDes Kalpataru Bangga Dikunjungi Menteri Desa PDTT | Villagerspost.com

BUMDes Kalpataru Bangga Dikunjungi Menteri Desa PDTT

Selamat Datang Bapak Presiden RI dan Menteri Desa di Kabupaten Gowa YouTube play
Gowa, Villagerspost.com – Presiden Joko Widodo dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo, Kamis (15/2) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Dalam kesempatan ini, Eko Putro Sandjojo melakukan dialog dengan para pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Gowa.

Eko mengunjungi semua stand milik peserta pameran produk-produk unggulan BUMDes, dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Gowa. Salah satu BUMDes yang dikunjungi Mendes PDTT adalah BUMDes Kalpataru, dari Desa Kanreapia yang merupakan perwakilan dari Kecamatan Tombolo Pao, dengan usaha unggulan Toko Tani Organik dan Sayur Organik.

Dalam kesempatan tersebut Eko Putro Sandjojo sempat menanyakan harga dan pemasaran sayur organik yang dihasilkan Desa Kanreapia. Eko ingin memastikan, kondisi harga dan pemasaran sayuran organik tersebut, mampu menyejahterakan para petani. Dalam kesempatan itu, Eko juga memberikan bantuan sebesar Rp50 juta kepada BUMDes dan Rp30 juta kepada kelompok usaha tani.

Kartini, salah satu pendamping dari Kecamatan Tombolo Pao, mengaku bangga bisa berdialog dengan sang menteri. “Saya berharap, melalui pameran ini, BUMDes Kalpataru menjadi contoh bagi BUMDes yang lain, khususnya di Kecamatan Tombolo Pao agar berani menampilkan produk mereka sehingga semua BUMDes yang ada di Kecamatan Tombolo Pao bisa berkontribusi pada pameran-pameran yang akan datang,” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut, Eko juga melakukan peninjauan pelaksanaan program padat karya tunai di Desa Borong Pa’la’la, Kecamatan Pattalassang. “Kami melihat pekerjaan program padat karya tunai yang dibiayai dana desa. Mereka bangun jalan desa, jalan ditengah sawah sampai jembatan. Selama ini masyarakat harus mutar, jadi kalau hujan repot. Sekarang masyarakat lebih mudah,” kata Eko.

Laporan/Video: Jamaluddin Daeng Abu, Petani Muda Penggerak Literasi Desa dan Pertanian Organik, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *