Eko Suroso: Dirijen Pembangunan Demokratisasi Ekonomi Desa Sempu | Villagerspost.com

Eko Suroso: Dirijen Pembangunan Demokratisasi Ekonomi Desa Sempu

Eko Soeroso, Kades Muda Desa Sempu, Dirijen Pembangunan Demokrasi Ekonomi YouTube play
Kediri, Villagerspost.com – Desa Sempu di Kecamatan Ngancar, Kediri, Jawa Timur, merupakan salah satu desa yang memiliki banyak potensi ekonomi. Namun selama ini potensi tersebut belum tergali secara maksimal. Adalah Eko Suroso yang Kepala Desa muda yang mulai memimpin desa tersebut sejak tahun 2017 lalu yang mulai mencoba mengembangkan berbagai potensi ekonomi tersebut.

Di bawah kepemimpinan Eko, berbagai usaha ekonomi masyarakat bermunculan seperti kelompok usaha ekonomi bersama (kube) yang melibatkan delapan kelompok dengan berbagai jenis usaha mulai dari pertanian hingga peternakan.

Eko juga berupaya mengangkat pendapatan masyarakat rentan di desanya dengan mengembangkan program pemanfaatan lahan pekarangan untuk ditanami labu madu. “Pihak desa memberikan bantuan modal berupa bibit dan nantinya akan ada pendampingan agar hasil bisa maksimal dan akan membantu untuk pemasaran,” kata Eko, kepada Villagerspost.com, Mingu (28/5).

Selain itu Eko juga berupaya mengembangkan pemberdayaan kaum perempuan dengan membentuk Kelompok Wanita Tani Putri Kelud yang mengembangkan usaha budidaya bunga hias. Eko juga sejak akhir 2017 lalu membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menggerakkan perekonomian masyarakat lewat berbagai lini bisnis yang bisa meningkatkan nilai tambah hasil pertanian masyarakat. “Salah satunya kami membuat usaha pengolahan nanas dengan memproduksi minuman sari nanas,” katanya.

Keberadaan BUMDes, kata Eko, nantinya akan menaungi berbagai lini bisnis yang bisa membantu meningkatkan nilai tambah usaha masyarakat. Dia berharap, berbagai usaha milik warga yang sudah tumbuh, nantinya bisa terbantu keberlangsungannya dengan keberadaan BUMDes. Simak pemaparan Eko Suroso tekait upayanya membangun pemerataan dan demokratisasi ekonomi di desanya.

Teks/Video: M. Agung Riyadi/Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *