Festival Culture dan Literasi Kanreapia 2018 di Rumah Koran | Villagerspost.com

Festival Culture dan Literasi Kanreapia 2018 di Rumah Koran

Firal Kanreapia 2018 di Rumah Koran YouTube play
Gowa, Villagerspost.com – Dalam rangka program pengabdian kepada masyarakat yang bertajuk “Milenesia”, para guru besar dan dosen dari Universitas Hasanuddin dan Universitas Muhammadiyah Makassar, “turun gunung” menyapa warga desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Bekerja sama dengan warga, para guru besar dan dosen ini menggelar acara Festival Culture dan Literasi Kanreapia 2018 atau “Firal” yang di helat di Rumah Koran, Sabtu (12/5). Festival ini merupakan festival pertama yang diadakan di Desa Kanreapia. Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama pihak kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, pemerintah Desa Kanreapia dan Kecamatan Tombolo Pao, serta Rumah Koran

Kegiatan “Milenesia” itu sendiri sengaja dipusatkan di Desa Kanreapia karena sesuai dengan program tersebut dimana Desa Kanreapia adalah desa yang tengah bergerak menuju Desa Wisata, Kampung Organik dan Kampung Literasi yang di rintis Oleh Rumah Koran dan Bumdes Kalpataru.

Festival Culture dan Literasi Kanreapia 2018 ini di ikuti oleh berbagai komunitas yang berasal dari kabupaten dan desa yang berbeda di Tombolo Pao. Komunitas Tobonga misalnya berasal dari Sinjai Barat dan Cafe Baca berasal dari Desa Tonasa.

Selain itu Festival Culture dan Literasi Kanreapia 2018 juga dimeriahkan oleh mahasiswa yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Makassar yang berjumlah 34 orang.

Ada pun para juara dalam festival Culture dan Literasi Kanreapia 2018 ini adalah: Juara pertama diraih oleh kelompok mahasiswa dengan penampilan semi orasi dengan cerita tentang Kondisi Pendidikan Desa Kanreapia. Juara kedua diraih oleh Komunitas Tobonga Sinjai Barat.

Juara Ketiga diraih oleh Karang Taruna Balang-Balang Sinjai Barat yang menampilkan seni kriya. Selain itu terpilih juga dua juara favorit yaitu Cafe Baca dengan Dan FH. Kapar yang berasal dari Desa Tonasa dan Tabbinjai.

Laporan: Jamaluddin Daeng Abu, Petani Muda Desa Kanreapia, Penggerak Literasi Desa, Pendiri Rumah Koran, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *