“Home Schooling” Ala Desa Kanelu | Villagerspost.com

“Home Schooling” Ala Desa Kanelu

YouTube play
Sumba Barat Daya, Villagerspost.com – Kegiatan belajar-mengajar memang tak melulu harus di lakukan di dalam gedung sekolah. Di rumah pun kegiatan belajar-mengajar bisa saja dilakukan. Hal itulah yang kini tengah dilakukan sekitar 25 anak sekolah dasar kelas satu di Desa Kanelu, Kecamatan Wewewa Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Saban pagi, ke-25 anak ini, alih-alih pergi ke sekolah, mereka malah pergi ke rumah Soleman Lede Bulu, sang Kepala Desa Kanelu. Di sana laiknya bersekolah, mereka pun belajar menyanyi, membaca, berhitung dan kegiatan belajar lainnya.

Riuh-rendah suara anak-anak yang ramai menyanyi sudah menjadi pemandangan bisa, laiknya sebuah program “home schooling” di rumah Kepala Desa Kanelu. Mereka belajar dipimpin oleh seorang ibu guru.

Soleman memang merelakan rumahnya dipakai untuk kegiatan belajar-mengajar anak-anak kelas satu SD Kanelu karena bangunan sekolah belum rampung direnovasi. “Bangunan sekolah belum beres, jadi anak -anak terpaksa belajar dulu dirumah saya,” ujar Soleman.

“Ini hanya khusus untuk kelas satu saja, sedangkam yang lain belajar di ruangan kelas seperti biasa. Andaikan bangunan sudah tuntas anak-anak ini pasti kembali ke sana,” tambah kepala desa yang sangat memperhatikan kemajuan warganya ini.

Laporan/Video: Rahmat Adinata, Petani Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *