Karnaval Katinting, Meriahkan Perayaan HUT RI Ke-73 di Desa Wisata Popareng | Villagerspost.com

Karnaval Katinting, Meriahkan Perayaan HUT RI Ke-73 di Desa Wisata Popareng

Perahu Hias dalam HUT RI KE 73 di Desa Wisata Popareng YouTube play
Minahasa Selatan, Villagerspost.com – Desa Wisata Popareng, Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan, menggelar Karnaval Katinting dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-73. Karnaval yang digelar pada 17-18 Agustus tersebut juga digelar dalam rangka peresmian Popareng sebagai desa wisata berbasis lingkungan (ekowisata).

Selain karnaval, acara tersebut juga dimeriahkan dengan loma balap katinting dan parade perahu hias. Yus Diamanti salah satu peserta yang diwawancarai, mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. “Saya termotivasi mengikuti kegiatan dengan sukarela, terlebih dalam kegiatan karnaval perahu hias juri telah memberikan predikat Juara I. Ini merupakan hiburan bagi warga desa sekaligus untuk menjaga lingkungan,” katanya.

“Aktivitas katinting hias yang diikuti oleh peserta memamerkan berbagai seni warga pesisir yang unik dan atraktif, dengan balutan bendera merah putih serta pernak-pernik berdera kecil berkibar sebagai warga Negara Republik Indonesia,” tegas Yus.

Lomba katinting hias yang menjadi bagian dari karnaval katinting Desa Popareng (dok. tn bunaken)

Karnaval Katinting ini merupakan yang kedua kalinya digelar oleh Balai Taman Nasional Bunaken. Karnaval ini adalah merupaka salah satu even yang menyasar kepada masyarakat khususnya nelayan kecil dan tradisional untuk mengapresiasi dan membangun rasa bangga dalam pengelolaan konservasi di Taman Nasional Bunaken.

Kegiatan ini juga sekaligus bertujuan mempromosikan kegiatan masyarakat nelayan kecil dan tradisional dalam budaya dari generasi ke generasi. Kegiatan ini terselenggara atas inisiasi Balai Taman Nasional Bunaken dengan bekerjasama dengan Lantamal VIII TNI AL serta dukungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan khususnya Desa Popareng dan Kelompok Cahaya Tatapaan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Aspotmar Lantamal VIII, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Selatan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Minahasa Selatan, Unsur Muspika Kecamatan Tatapaan, dan segenap warga yang antusias mengikuti kegiatan dan perlombaan.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *