Koperasi Sri Jaya Desa Sempu: Saudara Tua, Mitra BUMDes Membangun Ekonomi Desa | Villagerspost.com

Koperasi Sri Jaya Desa Sempu: Saudara Tua, Mitra BUMDes Membangun Ekonomi Desa

Koperasi Pemasaran Sri Jaya Desa Sempu YouTube play
Kediri, Villagerspost.com – Sebagai sebuah lembaga ekonomi, Koperasi Pemasaran Sri Jaya, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, memang lebih dulu eksis ketimbang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sempu Mandiri. Namun keberadaan koperasi dan BUMDes ini justru bukan untu bersaing satu sama lain.

“Bagi kami, BUMDes itu harus menjadi mitra bagi koperasi dalam memajukan perekonomian desa,” kata Suparji (46), Ketua Koperasi Pemasaran Sri Jaya kepada Villagerspost.com yang berkunjung ke Desa Sempu, Minggu (27/5) lalu.

Suparji bercerita, Koperasi Pemasaran Sri Jaya sendiri bermula dari terbentuknya sebuah kelompok tani pada tahun 2005 lalu. “Meski bentuknya kelompok tani tetapi arah usahanya sudah ke koperasi yaitu simpan pinjam,” kisah Suparji.

Awalnya, anggota kelompok tani ini hanya sekitar 20 orang, namun kemudian berkembang menjadi 50 orang. “Rata-rata memang petani dari daerah sini, Dusun Sumber Petung,” ujar Suparji.

Karena ingin mengembangkan usaha agar bisa lebih banyak jenis usaha yang dikembangkan, maka kemudian para anggota sepakat untuk membentuk sebuah koperasi. Maka pada tahun 2015 silam, terbentuklah Koperasi Pemasaran Sri Jaya.

“Kita mengambil bentuk koperasi pemasaran supaya bisa memiliki banyak unit usaha, nah simpan pinjam adalah salah satunya,” ujar Suparji.

Modal usaha koperasi ini berasal dari simpanan pokok dan simpanan wajib anggota. Mulanya setiap anggota menyetor simpanan pokok sebesar Rp20 ribu dan simpanan wajib sebesar Rp4 ribu setiap bulan. Namun kemudian seiring perkembangan usaha, para anggota sepakat menaikkan simpanan pokok menjadi sebesar Rp100 ribu dan simpanan wajib sebesar Rp5 ribu per bulan.

Kini, Koperasi Pemasaran Sri Jaya eksis dengan bisnis penyewaan alat mesin pertanian, distribusi pupuk, pesitsida dan keperluan pertanian lainnya. Suparji mengatakan, dengan terbentuknya BUMDes Sempu Mandiri, pihak koperasi sendiri berharap akan ada sinergi dan kerjasama antara kedua lembaga ekonomi ini.

Dalam hal pemasaran pupuk misalnya, Suparji berharap, BUMDes menjadi semacam distributor, dimana koperasi nanti bisa berperan sebagai pengecer. “Kami menyambut baik berdirinya BUMDes, dan kami berharap BUMDes akan menjadi mitra usaha koperasi ke depan untuk memajukan perekonomian di Desa Sempu,” pungkas Suparji.

Teks/Video: M. Agung Riyadi/Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *