Minim Fasilitas, Tetap Semangat Mencetak Generasi Anak Petani Religius | Villagerspost.com

Minim Fasilitas, Tetap Semangat Mencetak Generasi Anak Petani Religius

Membangun Generasi Berbasis Religi YouTube play
Bandung, Villagerspost.com – Taman Kanak-Kanak (TK) Thoriqulhuda di Kampung Sukalilah, Desa Sukamanah, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, bak sebuah kawah candradimuka bagi anak-anak petani hortikultura di wilayah Pangalengan Bandung. Setiap akhir pekan, di bawah bimbingan para guru, sekitar 164 anak belajar tak sekadar membaca, menulis, tetapi juga memahami kandungan ajaran Al-Qur’an.

Mereka pun belajar tentang kebersamaan, tentang akhlaq (perilaku) yang sesuai dengan aqidah keislaman. Agar kelak mampu menghormati serta menghargai sesamanya sebagai ciptaan Allah SWT. Intinya, TK Thoriqulhuda ingin mencetak generasi anak petani yang tak hanya pandai dalam masalah pertanian tetapi juga religius, memahami nilai-nilai agama.

Sayangnya, semangat para anak petani ini kurang ditunjang oleh fasilitas yang memadai. Karena banyaknya anak-anak petani yang belajar, kerap kali sebagian anak harus belajar di luar lingkungan kelas. Mereka juga kekurangan fasilitas bermain, dan belum memiliki alat peraga pendidikan dan juga perpustakaan.

Selama ini proses kegiatan belajar mengajar dilaksanakan seadanya. TK Thoriqulhuda juga masih membutuhkan tambahan ruangan, sebab sekarang hanya ada dua ruangan saja, dengan jumlah siswa 164 jadi kegiatan harus menerapkan sistem shift (pergantian) waktu.

Video/Laporan: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *