Panen Kentang, Petani Desa Kanreapia | Villagerspost.com

Panen Kentang, Petani Desa Kanreapia

GAPOKTAN BUTTA GOWA PANEN KENTANG YouTube play
Gowa, Villagerspost.com – Gowa merupakan salah satu lumbung sayuran di Sulawesi Selatan. Letaknya yang berada di ketinggian, membuat kabupaten ini ideal untuk dijadikan sentra sayuran. Salah satu sentra sayuran di Gowa ada di Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao. Saban harinya, petani di Kanreapia mampu menghasilkan puluhan ton sayuran.

Tiga Kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa yakni Kecamatan Parigi, Tinggimoncong dan Tombolo Pao, puluhan petani secara bergiliran panen setiap harinya. Adapun jenis–jenis sayur andalan yang dibudidayakan oleh petani datarang tinggi Gowa adalah kol, kentang, daun bawang, tomat, sawi dan wortel. Hampir secara keseluruhan petani yang ada di dataran tinggi Kabupaten Gowa membudidayakan enam jenis sayuran ini.

Acuan mengetahui besarnya hasil pertanian yang di panen setiap hari oleh petani dapat dilihat dari banyaknya pengepul sayur, dan lebih dari dua puluh mobil pick up, truk dan kijang setiap hari mengisi muatan dan memasarkan sayuran ke pasar Sungguminasa Gowa dan Kota Makassar yakni pasar, Pa’baeng–baeng, Terun, dan Pannampu. Sistem bayar yang menjadi kesepakatan antara petani dan pedagang adalah, hari ini hasil panen diambil oleh pedagang kemudian dipasarkan, besoknya baru dibayar ke petani. Jadi pedagang meminjam selama satu hari. Sistem ini sudah diterapkan berpuluh–puluh tahun yang lalu.

Laporan/Video: Jamaluddin Daeng Abu, Petani Muda dari Desa Kanreapia, Gowa Sulawesi Selatan

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *