Peringatan Hari Air Sedunia di Kabupaten Gowa | Villagerspost.com

Peringatan Hari Air Sedunia di Kabupaten Gowa

Bupati Gowa Hadiri Peringatan Hari Air Dunia Tahun 2018 Yang di Adakan Oleh BBWS Pompengan Jeneberan YouTube play
Gowa, Villagerspost.com – Hari Air Sedunia yang jatuh pada hari Kamis 22 Maret ini, diperingati oleh banyak orang di berbagai wilayah di Indonesia dengan cara yang beragam pula. Salah satunya adalah di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Peringatan Hari Air Sedunia di Gowa, ditandai dengan penanaman pohon di kawasan Gunung Mawang, oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ikhsan.

“Mari kita bersama menjaga hutan kita. Seperti apa yang telah dilakukan oleh orang tua kita, mereka telah menanam pohon dan akhirnya kita bisa merasakan manfaatnya hari ini. Karena pohon bisa menghasilkan oksigen dan sumber air,” kata Adnan dalam sambutannya.

Kawasan Danau Mawang dipilih karena merupakan salah satu kawasan konservasi air di Kabupaten Gowa. Danau yang terletak di Kelurahan Mawang, Kecamatan Somba Opu itu juga dimanfaatkan sebagai obyek wisata alam.

Danau Mawang memiliki arti yaitu “Danau Terapung”. Penamaan nama danau ini tak lepas dari sejarahnya yang dulu merupakan sebuah telaga jernih yang sering di singgahi Tuan Panre Taranra beserta kerbaunya yang bernama Tambak Laulung. Alkisah telaga ini pun menjadi makam terakhir Tambak Laulung ketika kalah berduel dengan kerbau yang menantangnya. Sepeninggalan Tambak Laulung telaga ini pun berubah dan banyak ditumbuhi bunga teratai.

Danau Mawang memiliki luas area kurang lebih 50 hektare yang membentang dari timur ke barat dengan panjang sekitar 1,4 kilometer. Danau ini memiliki lebar 200-450 meter. Di sisi selatan Danau Mawang terdapat tanggul yang biasanya menjadi tempat strategis bagi masyarakat yang ingin menikmati sunset dan sunrise. Kawasan Danau Mawang juga sering dimanfaatkan untuk memancing ikan.

Sekitar danau ini pun cukup sejuk karena pohon-pohon yang rindang yang ada di pinggirnya. Selain sebagai tempat memancing, Danau Mawang juga merupakan tempat budidaya ikan air tawar terbesar di Kecamatan Somba Opu sehingga jangan heran ketika melihat banyak nelayan dengan perahu bambu rakitan berlayar di tengah-tengah danau menangkap ikan.

Selain penanaman pohon, peringatan Hari Air Sedunia di Kabupaten Gowa juga diisi dengan beberapa acara lomba. Diantaranya adalah lomba bersih danau, lomba foto, lomba bersih saluran air dan lomba susur sungai.

Laporan/Video: Jamaluddin Daeng Abu, Petani Muda Desa Kanreapia, Penggerak Literasi Desa, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *