Pesantren Kilat Anak-Anak Petani | Villagerspost.com

Pesantren Kilat Anak-Anak Petani

Pesantren Kilat Anak Petani YouTube play
Pangalengan, Villagerspost.com – Saat sore hari Lantunan Ayat suci Alqur’an berkumandang dari pengeras suara Masjid Thoriqulhuda di Kampung Sukalilah, Desa Sukamanah, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Lantunan ayat-ayat suci itu datang dari sekitar 120-an anak-anak petani hortikultura mengikuti kegiatan pesantren kilat di masjid tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengisi waktu bulan Ramadan dan dilakukan setiap menjelang berbuka puasa. Mereka belajar membaca Alqur’an dengan bimbingan para gurunya. Mengingat banyaknya jumlah peserta, kegiatan dibagi dalam beberapa kelompok. Ada yang di dalam, di luar masjid (lantai luar), atau di gedung madrasah.

Hingga jadwal mendekati akhir kegiatan sore itu semua peserta berkumpul di dalam masjid, dengan mendawamkan Alqur’an secara bersamaan dipimpin oleh seorang ustad muda.
Merekapun belajar tentang kebersamaan, tentang akhlaq (perilaku) yang sesuai dengan aqidah keislaman. Agar kelak mampu menghormati serta menghargai sesamanya sebagai ciptaan Allah SWT.

Video/Laporan: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *