Rekam Jejak Gen Hijau Sumba Tengah | Villagerspost.com

Rekam Jejak Gen Hijau Sumba Tengah

Gen Hijau Sumba Tengah YouTube play
Sumba Tengah, Villagerspost.com – Bagi sebagian orang, alam terhampar untuk dieksploitasi kekayaannya untuk kesejahteraan segelintir dari mereka tanpa memedulikan dampaknya, berupa kerusakan alam yang bisa merugikan orang lain. Tetapi bagi sebagiannya, alam terhampar untuk dijaga dan dirawat, dimanfaatkan secara berkelanjutan tanpa menimbulkan kerusakan sehingga bisa terus diwariskan ke anak cucu.

Semangat merawat alam dan seisinya inilah yang diwarisi oleh sekelompok anak muda dari Kabupaten Sumba Tengah, yang tergabung dalam “Gen Hijau”. Kelompok anak muda cinta lingkungan ini mendeklarasikan keberadaan mereka bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2015 silam.

Sejak itu, semangat kepahlawanan untuk membela lingkungan selalu hadir pada jiwa anggot Gen Hijau. Dan sudah menjadi tradisi jika pada setiap tanggal lahirnya, diperingai dengan kegiatan tanam pohon sebagai paru-paru dunia.

Untuk tahun 2017 ini, Gen Hijau melakukan gerakan Tanam Pohon di desa Tanamodu,kecamatan Katikutana Selatan,kabupaten Sumba Tengah. Jenis pohon yang ditanam pun bervariasi dari mulai Jati Super,Trembesi dan yang lainnya,sekitar 1.000 pohon yang tertanam saat Hari Ulang TahunKomunitas Gen Hijau tersebut.

“Hari ini kita tanam pohon,semoga kelak yang akan jadi pahlawan untuk menyelamatkan anak cucu kita juga,” ujar Ketua Gen Hijau Sumba Tengah Simon Sabawali.

Kegiatan tanam pohon ini dilakukan agar alam tetap lestari demi masa depan anak cucu. Selain gerakan tanam pohon, sejak tahn 2016 lalu, Gen Hijau Sumba Tengah juga menggerakkan masyarakat untuk memproduksi bibit pohon secara massal. Selain untuk kebutuhan Sumba Tengah, bibit pohon yang direncanakan mencapai sebanyak 850 ribu bibit itu juga akan didistribusikan ke empat kabupaten lainnya di Sumba. Semoga Sumba semakin hijau dan lestari

Video: Simon Sabawali dan Roberto Hosea
Naskah: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *