Rekaman Acara Karnaval Katinting TN Bunaken | Villagerspost.com

Rekaman Acara Karnaval Katinting TN Bunaken

Katinting Hias YouTube play
Bunaken, Villagerspost.com – Karnaval katinting dilaksanakan di Desa Arakan, Kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan, Jumat-Sabtu (15-16 Desember 2017). Hari Jumat (15/12) seluruh peserta mengikuti babak kualifikasi balap katinting. Kawasan ini merupakan bagian dari daerah penyangga bagian selatan Taman Nasional Bunaken.

Sejak siang sampai sore hari setelah selesai salat Jumat peserta lomba sudah berkumpul di pinggir pantai, dalam 1 kali balap terdiri dari 4 race peserta, pemenang race akan mengikuti grand final pada hari Sabtu (16/12) yang diikuti oleh 20 peserta. Kegiatan katinting karnaval pada hari pertama diikuti oleh seluruh peserta yang berjumlah 100 perahu katinting dengan 1 perahu diawaki 1 orang. Perlombaan dimulai setelah salat Jumat pada siang hari dan selesai pada sore hari.

Dari 100 peserta yang mengikuti balap, hanya juara grup yang melaju ke grand final yaitu 20 finalis. Adapun sebanyak 80 dari peserta yang gugur pada ajang katinting balap masih berkesempatan untuk dapat memperoleh hadiah melalui Katinting hias yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu 16 Desember 2017. Keluar sebagai juara lomba katinting hias adalah: Adapun Sadan Bugis (Juara 1), Isnawir Bugis (Juara 2), Ahmad Khaidir (Juara 3) dan Subhan Mandi (Juara Harapan).

Kegiatan ini terselenggara atas inisiasi Balai Taman Nasional Bunaken dengan bekerjasama dengan Lantamal VIII TNI AL serta dukungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Komandan Lantamal VIII, Bupati Kabupaten Minahasa Selatan, Kepala Balai Taman Nasional Bunaken, Wakapolres Minahasa Selatan, Muspika Kecamatan Tatapaan, dan segenap warga yang antusias mengikuti kegiatan dan perlombaan. Acara ini merupakan apresiasi kepada nelayan kecil dan tradisional sebagai pemanfaat langsung sumber daya perikanan dan hiburan menarik bagi warga. Berikut rekaman kemeriahannya:

Para peserta parade katinting hias siap berlomba (dok. villagerspost.com/eko handoyo)

 

Pembukaan lomba oleh pihak TN Bunaken, Bupati Minahasa Selatan dan Lantamal VIII TN AL (dok. villagerspost.com/eko handoyo)

Peserta lomba katinting hias melintas di kawasan perairan Desa Arakan (dok. villagerspost.com/eko handoyo)

Sang juara menerima hadiah dari panitia (dok. villagerspost.com/eko handoyo)

 

 

Laporan/Video/Foto: Eko Wahyu Handoyo, PEH pada Balai TN Bunaken​, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *