Sarinah: Perjuangan Perempuan Sumba Tumbuhkan Minat Baca Anak Petani | Villagerspost.com

Sarinah: Perjuangan Perempuan Sumba Tumbuhkan Minat Baca Anak Petani

Rumah Baca Sarinah Sumba YouTube play
Sumba Tengah, Villagerspost.com – Namanya Sarinah. Serupa dengan nama seorang perempuan bijak, rakyat jelata yang begitu dikagumi oleh Presiden RI pertama Soekarno. Bung Karno, sangat kagum dengan perempuan yang menjadi pengasuhnya sejak kecil itu.

“Dialah yang mengajarku mengenal kasih sayang. Sarinah mengajarku untuk mencintai rakyat. Rakyat Kecil,” kata Bung Karno, seperti dikutip dari biografinya yang ditulis Cindy Adams.

Mirip dengan sosok Sarinah yang dikagumi Bung Karno, Sarinah yang berasal dari Desa Malinjak, Kabupaten Sumba Tengah ini juga mengajarkan kasih sayang dan menyebarkan ilmu bagi anak-anak petani di desa itu. Bedanya, Sarinah asal Sumba adalah sebuah rumah baca yang digagas dan dirikan oleh seorang perempuan luar biasa bernama Rooslinda Rambu Lodji.

Rooslinda membangun “Rumah Baca Sarinah” pada tanggal 22 Juli 2017 lalu. “Dimulai dengan persediaan buku bacaan seadanya. Ternyata minat baca anak-anak lumayan tinggi, terbukti makin hari makin tambah yang datang,” ujarnya kepada Villagerspost.com, Sabtu (12/8).

“Setiap sore atau hari libur anak-anak pada datang ke rumah untuk baca buku,” tambahnya.

Rooslinda bercerita, anak- anak yang datang baca buku, kebanyakan adalah anak-anak dari sekitaran rumahnya. Sayangnya, minat baca anak-anak yang tinggi ini belum dibarengi dengan fasilitas yang memadai. “Andaikan ada yang mau sumbang buku saya menerimanya dengan senang hati demi masa depan mereka,” katanya.

Ingin berjuang bersama “Sarinah” mencerdaskan anak Sumba? Anda bisa sumbangkan buku-buku anak yang bermanfaat ke: Rooslinda Rambu Lodji, Jalan Lintas Wailawa, Simpang SMA 1 Waibakul, No 2, Desa Malinjak, Kecamatan Katikuna Selatan, Sumba Tengah. Kode Pos: 87282. Telepon: 082247409846

Video/Laporan: Rahmat Adinata dan Rooslinda Rambu Lodji, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara NTT, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *