Sayuran Hidroponik Labuan Bajo | Villagerspost.com

Sayuran Hidroponik Labuan Bajo

Hydroponik Labuan Bajo YouTube play
Labuan Bajo, Villagerspost.com – Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke kawasan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, membuat Charles Budiman, pengusaha hortikultura asal Manggarai mendapat ide untuk membuka usaha budidaya sayuran hidroponik.

“Hidroponik dirasa perlu untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, sebab kian tahun kian bertambah. Itu pun semua kebutuhan hotel dan resto belum mencukupi, jika beli dari Bima atau Bali,” ujarnya kepada Villagerspost.com, beberapa waktu lalu.

Charles pertama kali membangun usaha budidaya sayuran hidroponik di tahun tahun 2015. Dia mengembangkan berbagai jenis sayuran seperti selada hijau, selada merah, basil Italia, mint dan lain-lain. Dia punya alasan sendiri mengapa harus membangun instalasi hidroponik milik sendiri ketimbang memasok dari pihak lain.

“Selain kualitas barang kurang terjamin juga mahal karena sisi transportasinya. Beda dengan produksi sendiri, barang bisa berkualitas serta harga bisa relatif murah,” ujarnya.

Laporan/Video: Rahmat Adinata, praktisi pertanian organik, anggota Gerakan Petani Nusantara

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *