Sekolah Sungai Sulawesi Selatan, Pusat Literasi Anak-Anak Bantaran Sungai | Villagerspost.com

Sekolah Sungai Sulawesi Selatan, Pusat Literasi Anak-Anak Bantaran Sungai

Komunitas Sekolah Sungai Sul Sel Audence BBWS Pompengan Jeneberang YouTube play
Gowa, Villagerspost.com – Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) bersama Komunitas Sekolah Sungai Sulawesi Selatan, bakal mendirikan sarana sekolah sungai di kawasan bantaran sungai Jenebarang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Ketua Komunitas Sekolah Sungai Kaharuddin Muji mengatakan, sekolah sungai itu nantinya akan menjadi pusat literasi bagi masyarakat, khususnya anak-anak di sekitar bantaran sungai yang dibina oleh Komunitas Sekolah Sungai Sulsel.

“Di tempat ini akan dibangun juga fasilitas perpustakaan dan ruang baca,” kata Kaharuddin, saat melakukan audiensi dengan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang Ir. T. Iskandar MT, di Gowa, Kamis (8/2) lalu.

Kaharuddin menegaskan, pembangunan sekolah ini sangat penting untuk menunjang kegiatan-kegiatan kominitas sungai di Sulawesi Selatan yang telah berjumlah puluhan komunitas. Untuk kawasan yang dipilih sebagai lokasi sekolah adalah di sekitar jembatan kembar Sungguminasa, Kabupaten Gowa.

“Sekolah sungai menjadi penting karena jumlah komunitas sekolah sungai di Sulawesi Selatan terus meningkat dan saat ini telah berjumlah puluhan komunitas dan akan terus bertambah,” papar Kaharuddin.

Rencana tersebut disambut baik oleh Iskandar. Dia mengatakan, pihaknya sangat mendukung program-program tersebut. “Kami akan segera menindaklanjuti rencana pendirian gedung permanen sekolah sungai ini, kita tidak akan menunda-nunda,” tegasnya.

Pendirian sekolah sungai juga sejalan dengan program Kabupaten Gowa sebagai kabupaten pendidikan. Rencananya, sekolah sungai selain menjadi pusat literasi juga akan menjadi tempat berbagi ilmu tentang Sumber Daya Air dam pelestarian sungai, tanah dan air. Sekolah sungai ini juga akan dilengkapi dengan ruang belajar sederhana, perpustakaan dan taman baca yang terbuka untuk seluruh masyarakat.

“Tempat ini juga akan menjadi pusat informasi bagi seluruh komunitas peduli sungai serta sekolah sungai yang ada di Sulawesi Selatan,” kata Kaharuddin.

Pembangunan sarana sekolah sungai ini akan dimulai pada bulan Maret 2018, sebagai salah satu kegiatan BBWS Pompengan Jeneberang dan Forum Komunitas Peduli Sungai dan Kanal Sulawesi Selatan (FKMPSKSS) dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret setiap tahunnya. Pembangunan ditargetkan selesai sebelum 19 November 2018. “Insya Allah bisa diresmikan bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Gowa ke-698 tahun 2018,” terang Kaharuddin.

Kaharuddin Muji selaku Ketua Komunitas Sekolah Sungai Sulawesi Selatan berharap dengan hadirnya sarana Sekolah Sungai Sulawesi Selatan, semakin memaksimalkan terwujudnya Kabupaten Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan. “Kegiatan literasi, baca buku, dan lain-lain, bisa dilakukan di Sekolah Sungai Sulawesi Selatan,” pungkasnya.

Laporan: Jamaluddin Daeng Abu, Petani Muda Organik Desa Kanreapia, Pendiri Rumah Koran, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com
Video : Forum Komunitas Peduli Sungai dan Kanal Sulawesi Selatan

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *