Siap Panen, Petani Tomat Pangalengan Berharap Harga Bagus | Villagerspost.com

Siap Panen, Petani Tomat Pangalengan Berharap Harga Bagus

Tomat Siap Panen YouTube play
Pangalengan, Villagerspost.com – Para petani hortikultura di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, beberapa minggu terakhir ini tengah bergairah. Pasalnya, harga tomat yang saat ini tengah mereka budidayakan, sedang bagus di pasaran.

Iban, petani tomat asal Kampung Reungas, Pangalengan mengatakan, harga tomat saat ini ada di kisaran Rp6000 per kilogram. Biasanya harganya tak pernah beranjak dari Rp2000-an per kilogram, bahkan tahun lalu, harga sempat jatuh ke angka Rp1.500 per kilogram.

Wajar jika Iban merasa senang menanti masa panen yang tinggal sebentar lagi. “Harga tomat cukup menggairahkan bagi kami para petani sekarang ini,” ujarnyam saat ditemui beberapa waktu lalu.

Iban sendiri hanya menanam 6000 pohon, dengan hasil per pohon diperkirakan mencapai 3 kilogram hingga akhir panen. Dia berharap bisa memanen sekitar 18.000 kilogram tomat. Iban berharap harga tomat tetap bagus di angka Rp6000/kg saat panen, agar bisa menutup biaya produksi yang mencapai Rp4000/kg.

“Kalau harga tetap bagus, petani akan untung besar. Namun terkadang harga hortikultur sering turun naik,” katanya sedikit cemas. Semoga saja hasil panen tomat petani Pangalengan tahun ini sangat baik dan harga tetap tinggi agar petani terus bergairah menanam.

Laporan/Video: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *