Dicari: Duta Petani Muda 2018 | Villagerspost.com

Dicari: Duta Petani Muda 2018

Poster ajang Pemilihan Duta Petani Muda 2018 (dok. krkp)

Bogor, Villagerspost.com – Oxfam bekerjasama dengan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) kembali menggelar ajang “Pemilihan Duta Petani Muda 2018”. Ajang bertajuk “Bertani Itu Kekinian” tersebut digelar untuk ketiga kalinya secara berturut-turut setelah ajang pertama yang digelar tahun 2014 lalu.

Koordinator KRKP Said Abdullah mengatakan, ajang Pemilihan Duta Petani Muda merupakan salah satu bentuk upaya nyata untuk menarik minat kaum muda untuk kembali terjun ke dunia pertanian. “Kami ingin memotiasi teman-teman muda untuk terjun dan bergelut di dunia pertanian, sekaligus mengubah image dunia pertanian yang selama ini dinilai tidak keren bagi anak-anak muda, padahal bertani itu sangat keren dan sangat kekinian,” kata pria yang akrab disapa Ayip itu kepada Villagerspost.com, Selasa (15/5).

Dengan pemilihan duta petani muda, diharapkan dapat mempromosikan pertanian dan agribisnis (agripreneur) kepada orang-orang muda sebagai sumber penghasilan yang layak dan meningkatkan kualitas dan produktivitas pertanian Indonesia. Ayip menegaskan, melalui kegiatan ini diharapkan juga muncul kesadaran publik tentang pentingnya keberadaan petani dan pertanian, sehingga melahirkan dukungan terutama bagi agreipreneur muda.

“Selama ini di berbagai tempat sudah muncul banyak kaum muda yang berhasil di pertanian, namun sayang belum mendapatkan perhatian dan dukungan yang cukup terutama dari pemerintah,” kata Ayip.

Ayip mendorong anak-anak muda yang saat ini sudah terjun ke dunia pertanian untuk mengikuti ajang ini. “Kami mendorong anak muda yang sudah terjun ke dunia pertanian untuk mendaftar. “Mereka nantinya akan mendapatkan pendampingan, capacity building dan pembekalan lainnya untuk semakin memajukan usaha pertanian yang mereka lakukan,” tegasnya.

Sepanjang dua kali gelaran ajang ini sudah terpilih 18 orang Duta Petani Muda. Tahun 2014 terpilih 8 orang yaitu: Eko Suroso (Kediri), Rija Nurzaman (Bandung), Susanto (Banjarnegara), Muliana (Sulawesi Selatan), Tony Aditya (Jember), Muhammad Ansori (NTB), Jullya Ramadana (Aceh) dan Muhammad Tanfidzul Khoiri (Madiun).

Sementara, di ajang Pemilihan Duta Petani Muda 2016 terpilih 10 orang yaitu: Ahmad Tarmizi (NTB), Apni Olivia Naibaho (Sumatera Utara), Frisca Chairunnisa (Sumatera Barat), I Gede Artha Sudiarsana (Bali), Maya Stolastika Boleng (Jawa Timur), Muhamad Juananda Kopayona (NTT) dan Yosef Leribun (NTT). Kemudian Muhammad Nasrul (Sulawesi Selatan), Rici Solihin (Jawa Barat) dan Rizal Fahreza (Jawa Barat).

Tertarik untuk mendaftar? Silakan klik di: http://dutapetanimuda.id/

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *