Dongkrak Kesejahteraan Nelayan Anggota DPR Gandeng LAPAN | Villagerspost.com

Dongkrak Kesejahteraan Nelayan Anggota DPR Gandeng LAPAN

Nelayan tradisional, menangkap ikan (dok. kementerian kelautan dan perikanan)

Jakarta, Villagerspost.com – Untuk mendongkrak kesejahteraan nelayan di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan anggota Komisi VII DPR Mochtar Tompo berupa memperkenalkan nelayan dengan teknologi penginderaan jarak jauh. Lewat teknologi ini diharapkan nelayan Jeneponto mampu meningkatkan produksi ikan lewat bantuan satelit untuk menemukan titik-titik lokasi keberadaan ikan di laut.

Untuk itu, Mochtar pun menggandeng Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Terkait kegiatan ini, Mochtar mengatakan, LAPAN sebagai salah satu lembaga penelitian memiliki hasil riset yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Karena itu, sebagai mitra kerja Komisi VII, saya ajak LAPAN untuk menerapkan hasil riset yang mereka miliki untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata politisi Partai Hanura ini, dalam siaran persnya.

Dalam upayanya mengenalkan teknologi tersebut, Mochtar Tompo juga menggelar acara “Diseminasi Pemanfaatan Penginderaan Jauh Zona Penangkapan Ikan”, di Aula Dinas Kelautan Perikanan Kabupaten Jeneponto, Jl. HV Rowang, Kompleks PPI Tanrusappe. Acara tersebut dihadiri sekitar ratusan peserta, yang merupakan perwakilan nelayan yang selama ini dibina Mukhtar Tompo.

Kegiatan itu sendiri dilaksanakan selama dua hari, mulai Kamis (26/10) hingga Jumat (27/10). Kegiatan diseminasi itu, pertama diisi dengan pemaparan materi di dalam ruangan. Selanjutnya pada hari kedua, dilanjutkan dengan “demo trial fishing” ke laut untuk uji coba titik informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) menggunakan GPS-Fishfinder.

Menanggapi kerjasama itu, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan, LAPAN yang memiliki teknologi penginderaan jauh, terpanggil untuk ikut membantu nelayan. Thomas berharap, dengan adanya teknologi tersebut dapat membantu nelayan menemukan ikan melalui bantuan satelit.

“Berdasarkan pengalaman, penggunaan teknologi ini telah membantu nelayan di Indramayu meningkatkan hasil tangkapan. Bahkan di Gorontalo peningkatan hasilnya mencapai 50%,” papar Thomas. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *