Gerak Sarinah Menyebar Semangat Literasi di Sumba Tengah | Villagerspost.com

Gerak Sarinah Menyebar Semangat Literasi di Sumba Tengah

Pergerakan Sarinah Di Sumba YouTube play
Sumba Tengah, Villagerspost.com – Buku adalah jendela dunia. Maka Rumah Baca Sarinah pun, kini mulai bergerak untuk menyebar semangat membuka jendela dunia itu kepada anak-anak dari desa lain, di Sumba Tengah.

Sejak 28 Oktober lalu, seiring dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Rooslinda Rambu Lodji, sang pendiri Rumah Baca Sarinah, mulai bergerak untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya membaca bagi anak-anak di luar Desa Malinjak, Kecamatan Katikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah.

Di hari yang istimewa itu, Rumah Baca Sarinah mengunjungi anak-anak di Desa Wairasa, di kecamatan Anakalang. Rooslinda memilih desa ini, karena melihat minat baca anak-anak di desa itu juga sedang tumbuh.

“Selain memenuhi minat baca anak-anak desa setempat di Malinjak,terkadang kita sering juga mengunjungi anak-anak desa tetangga, seperti di Wairasa ini. Puji Tuhan saya mengucapkan terima kasih pada para donasi buku ke Rumah Baca Sarinah atas perhatiannya, ternyata sangat bermanfaat sekali bagi kami anak-anak di sini,” ucap Rooslinda Rambu Lodji, kepada Villagerspost.com.

Bagi Rooslinda, tak ada beban yang terlalu berat, tak ada jarak yang terlalu jauh untuk ditempuh, demi mencerdaskan anak-anak bangsa. Setiap hari libur, sebundel buku dikemas dalam tas besar.

Dengan mengendarai sepeda motor, kemudian dikawal oleh dua anaknya, arinah dan Fajar yang masih kecil, Rooslinda berangkat ke desa tetangga. “Sekalian mengasuh sambil bermain bagi kedua anak saya ,biar banyak teman belajarnya,” pungkas Rooslinda.

Laporan/Video: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *