Harga Bahan Pokok Masih Stabil Pasca Natal | Villagerspost.com

Harga Bahan Pokok Masih Stabil Pasca Natal

Pemantauan harga kebutuhan pokok di pasar (dok. kabupaten klungkung)

Pemantauan harga kebutuhan pokok di pasar (dok. kabupaten klungkung)

Cilegon, Villagerspost.com – Harga-harga kebutuhan pokok dinilai masih stabil pasca perayaan Natal 2016 kemarin. Diharapkan harga-harga kebutuhan pokok ini tetap stabil menjelang tahun baru 2017. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kemendag Tjahya Widayanti saat memantau pasokan dan harga barang kebutuhan pokok di pasar rakyat di berbagai daerah, salah satunya di Kota Cilegon, Banten, Senin (26/12).

Tjahya menegaskan, pasokan barang kebutuhan pokok di Cilegon terpantau dalam kondisi aman hingga 2 bulan ke depan. “Secara umum stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok pada H+1 Natal dan H-6 menjelang Tahun Baru 2017 cukup aman. Kondisi ini akan terus terjaga karena didukung adanya stok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sampai Februari 2017. Harga di Kota Cilegon pun relatif stabil, bahkan beberapa harga komoditas mengalami penurunan,” jelas Tjahya di Pasar Baru, Kota Cilegon.

Sejumlah harga komoditas yang terpantau stabil diantaranya gula Rp13.000/kg, daging sapi Rp110.000/kg, daging ayam broiler Rp35.000/kg, telur ayam ras Rp22.000/kg, dan terigu Rp7.500/kg. Sementara itu, beberapa komoditas lainnya mengalami penurunan, yaitu minyak goreng curah dari Rp11.000/lt menjadi Rp10.000/liter dan kedelai dari Rp8.500/kg menjadi Rp8.000/kg. Komoditas yang mengalami kenaikan adalah komoditas hortikultura, terutama cabai rawit merah dari Rp75.000/kg menjadi Rp95.000/kg.

Pada kunjungan tersebut, Tjahya didampingi Kepala Bidang Perdagangan dan Pembinaan Pasar Dinas Perindag Kota Cilegon Muhammad Satiri. Koordinasi Pemerintah pusat dan daerah dalam menjaga daya beli masyarakat tetap solid.

Pertemuan rutin juga terus dilakukan antara Dinas Perindag Kota Cilegon dan para distributor agar stabilitas harga tetap terjaga. “Koordinasi yang solid antara pemerintah pusat dan daerah serta pelaku usaha jadi faktor kunci dalam menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok,” lanjut Tjahya.

Pada kesempatan yang sama, Tjahya juga berbincang dengan penerima bantuan cool box untuk ikan. Ahyar salah satu pedagang ikan di Pasar Baru Cilegon mengatakan, bantuan cool box sangat bermanfaat bagi pedagang ikan dalam meningkatkan ketersediaan ikan bagi masyarakat.

Pedagang ikan lainnya, Fuad, mengutarakan adanya bantuan cool box dapat meningkatkan penjualan ikan. “Harapannya bantuan-bantuan seperti ini dapat dilanjutkan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Ikuti informasi terkait harga kebutuhan pokok >> di sini <<

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *