Kondisi Perpustakaan di Sumba Timur Memprihatinkan | Villagerspost.com

Kondisi Perpustakaan di Sumba Timur Memprihatinkan

Ilustrasi perpustakaan (dok. perpustakaan nasional)

Jakarta, Villagerspost.com – Kondisi perpustakaan di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) mendapat perhatian dari para Anggota Komisi X DPR. Wakil Ketua Komisi X Sutan Adil Hendra saat mengunjungi perpustakaan daerah di Kabupaten Sumba Timur, Senin (31/7) mengakui, kondisi perpustakaan di kabupaten itu memprihatinkan.

“Sebenarnya kalau dari sarana dan prasarana gedung sudah cukup memadai. Tapi namanya perpustakaan daerah tidak hanya dibutuhkan sarana dan prasarana saja, melainkan juga tata kelola yang baik,” ujar Sutan, dalam siaran pers yang diterima Villagerspost.com.

Adil mengatakan, tata kelola yang kurang baik dilihatnya sejak pertama kali masuk ke gedung perpustakaan tersebut yang dinilainya tidak mencerminkan jati diri sebuah perpustakaan. Sumber daya manusia (SDM) yang kurang, deposit buku yang juga kurang dan yang utama adalah komitmen dari para pegawainya.

“Tadi saya sempat bertanya ke kepala perpustakaan berapa banyak pegawai perpustakaan ini, dan berapa banyak yang sudah mengikuti pelatihan sebagai pustakawan. Ini sangat penting untuk pengelolaan sebuah perpustakaan daerah. Agar pengunjung merasa nyaman dan akhirnya menambah minat baca masyarakat setempat,” papar Sutan.

Politisi dari Fraksi Gerinda ini berharap ke depan perpustakaan nasional (PN) dapat membantu baik mengirimkan ketersediaan buku, serta menularkan ilmu yang dimilikinya terkait tata cara pengelolaan sebuah perpustakaan daerah yang cukup memadai. “Karena buku adalah sumber ilmu yang berguna untuk lebih mengembangkan diri dan menajukan daerahnya,” pungkasnya. (*)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *