Kopi Indonesia Jadi Daya Tarik di ITB Berlin | Villagerspost.com

Kopi Indonesia Jadi Daya Tarik di ITB Berlin

Kopi Indonesia menjadi salah satu kopi terbaik di dunia. (doc. ngopibareng.id)

Berlin, Villagerspost.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melakukan promosi di ajang Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman. Dalam pameran pariwisata terbesar di dunia itu, Kemenpar juga menyajikan kopi Indonesia.

Kopi Indonesia memang dikenal memiliki citarasa khas yang menjadi salah satu pilihan kopi terbaik di dunia. Promosi kopi Indonesia dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Biji kopi arabica jenis Gayo, salah satu kopi terpopuler di Indonesia. (doc atjeh green)

Menurut Arief, kopi Indonesia yang paling banyak diburu oleh peserta dan pengunjung pameran. “Saya berada di salah satu sudut kopi Wonderful Indonesia di arena ITB Berlin, kopi kita paling banyak diburu pengunjung di ITB Berlin,” ungkap Arief dalam keterangan tertulisnya.

Menteri asal Banyuwangi Jawa Timur itu juga menyempatkan diri membuat video blog, atau yang saat ini dikenal dengan istilah nge-vlog di akun Instagram pribadi nya. Arief mengatakan kopi menjadi produk kuliner Indonesia yang dipopulerkan Kemenpar.

“Tema nya adalah kopi dari setiap daerah, yang hari ini adalah kopi Bali, Kintamani. Populer sekali di sini, stand yang lebih ramai adalah stand kopi Bali banyak diserbu pelanggan terutama orang-orang Eropa,” ungkapnya.

Selain kopi Kintamani, kata Arief, kopi Toraja juga sangat disukai oleh konsumen Eropa. “Rasa kopi Toraja identik dengan kecokelatan, tembakau, atau caramel. Kopi nya berwarna hitam dan tidak begitu pekat,” tuturnya.

Berbagai jenis kopi Indonesia tersaji di lapak kedai Tukang Kopi Bali. (foto: rizaldi abror doc. balisoulmate)

Dalam ITB Berlin tahun ini, Indonesia mengusung tema Maritim, Keanekaragaman Bali dan Budaya. Melalui program Wonderful Indonesia, Kemenpar mengajak serta pelaku industri pariwisata nasional.

Sekitar 130 agen perjalanan, hotel, Dinas Pariwisata daerah, terlibat dalam pemeran ini. Kemenpar juga mengajak maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia yang mempromosikan rute penerbangan baru ke berbagai objek wisata di Indonesia.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia karena (ITB Berlin adalah) acara B2B (Business to business) pariwisata terbesar di dunia,” ujar Menpar.

Maritim masih menjadi pilihan bagi Indonesia mengingat Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau sepanjang garis khatulistiwa.

Untuk menarik minat pengunjung, paviliun Indonesia menampilkan atraksi budaya dan asesoris khas berupa kapal kayu tradisional Sulawesi Phinisi.

“Maritim menjadi pusat identitas nasional selama berabad-abad bersama dengan keragaman budaya. Dan Kapal Phinisi juga telah membawa Wonderful Indonesia menjadi juara di ITB Berlin tahun lalu,” tukas Arief.

Editor: Rizaldi Abror

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *