Program Sosial Bank Indonesia Harus Dongkrak Kesejahteraan Petani | Villagerspost.com

Program Sosial Bank Indonesia Harus Dongkrak Kesejahteraan Petani

Panen bawang merah di Padang Panjang, Sumatera Barat (dok. pemprov sumbar)

Jakarta, Villagerspost.com – Bank Indonesia belum lama ini meluncurkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Program itu sendiri terdiri dari dua jenis yaitu Program Strategis dan Kepedulian Sosial.

Program Strategis mencakup program pengembangan ekonomi dan program peningkatan pengetahuan serta pemahaman masyarakat tentang tujuan dan pelaksanaan tugas Bank Indonesia. Sementara Program Kepedulian Sosial, merupakan kegiatan kepedulian atau empati terhadap permasalahan masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, kebudayaan, keagamaan, dan penanganan musibah dan bencana alam.

Terkait adanya program ini, anggota Komisi XI DPR RI Sukiman menegaskan, PSBI harus mampu meningkatkan kesejahteraan petani. Dalam kesempatan melakukan kunjungan kerja di kota Padang, Sumatera Barat, Sukiman melihat potensi produk bawang yang dihasilkan di kawasan itu cukup menjanjikan.

Karena itu, dia berharap dengan adanya PSBI, petani bawang di Padang bisa sejahtera. BI juga diharapkan terus mendampingi program ini sampai tahap pemasaran. “PBSI ini sangat baik dalam rangka menyikapi tingginya inflasi. Saya melihat di Padang ini program BI sudah menyentuh tapi perlu ditingkatkan agar jangan sampai di hulu tapi di hilir juga. Pembinaan sampai pemasaran itu penting untuk mendorong penghasilan petani,” ujar Sukiman, dalam siaran pers yang diterima Villagerspost.com, Kamis (23/11).

Politisi PAN ini berharap PSBI mampu meningkatkan pendapatan petani sehingga dengan sendirinya mampu mengurangi tingkat inflasi di daerah. “Lokasi binaan BI tadi saya lihat dan tinjau cukup luar biasa baik. Ini penting untuk mendorong peningkatan di sisi penerimaan petani itu sendiri,” ujar Sukiman.

Petani yang menjalankan program ini, lanjut Sukiman, juga diharapkan mampu lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan taninya. Dengan adanya sinergitas petani dengan Bank Indonesia maka diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat di daerah.

“PSBI itu cukup baik untuk membantu pemerintah mengatasi inflasi. Bawang cabai dan lain-lain bisa terpenuhi di daerah ini. Kita berharap petani kita bisa semangat dan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih sejahtera,” ujar Sukiman.

Sinergitas antara BI dan Pemerintah Daerah juga sangat dibutuhkan agar PSBI ini berjalan dengan efektif dan tepat sasaran. “Jika pemerintah daerah bertindak sebagai pengambil kebijakan, maka BI bertindak sebagai think thank-nya,” pungkas Sukiman. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *