Susuri Sungai Cheonggyecheon, Jokowi Teringat Ciliwung | Villagerspost.com

Susuri Sungai Cheonggyecheon, Jokowi Teringat Ciliwung

Pemukiman kumuh di pinggir sungai Ciliwung (dok. kongres sungai indonesia)

Jakarta, Villagerspost.com – Dalam kunjungan kerjanya ke Korea Selatan, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana berkesempatan menyusuri sungai Cheonggyecheon dengan berjalan kaki, Selasa (11/9). Mengenakan kaos putih dibalut dengan jaket merah, Jokowi dan Iriana disambut Wali Kota Seoul Park Won-soon untuk kemudian bersama-sama menikmati jalan pagi di tepi sungai yang bersih itu.

Saat berjalan-jalan menyusuri Sungai Cheonggyecheon itulah, Jokowi teringat akan Sungai Ciliwung yang mengalir membelah ibukota Jakarta. “Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jalarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa,” kata Presiden Jokowi mengomentari kondisi Sungai Cheonggyecheon.

“Sisi kanan kirinya memang tampak indah, bersih, dan nyaman untuk dilalui pejalan kaki,” ujar Jokowi menambahkan.

Jokowi meyakini, sungai-sungai di Jakarta jika digarap sebagaimana Sungai Cheonggyecheon pasti bisa sebesih sungai di kota Seoul tersebut. Sungai Sungai Cheonggyecheon dibangun selama 2 tahun 3 bulan saat zaman Gubernur Lee Yon Park. Lee sendiri kemudian bisa menjadi Presiden Korea Selatan karena keberhasilannya membuat sungai tersebut menjadi bersih.

Soal kerja sama penanganan sungai, Jokowi mengatakan, Jakarta sendiri, sudah menjadi sister city dengan Seoul. Karena itu, Jokowi yang juga diangkat menjadi warga kehormatan Kota Seoul meminta resep membangun Sungai Cheonggyecheon menjadi sebersih itu.

Menanggapi hal itu, Walikota Seoul Park Woon-soon mengakui, sudah terjalin kerja sama dalam bentuk sister city antara Jakarta dan Seoul. Park siap membantu apapun yang diperlukan Presiden Jokowi selaku warga kehormatan Seoul.

“Jadi kalau bapak Presiden selaku warga kehormatan datang ke Seoul semua fasilitas (umum-red) gratis buat Bapak,” kata Park.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *