UMKM Pacitan Go Nasional, Tingkatkan Produk Unggulan | Villagerspost.com

UMKM Pacitan Go Nasional, Tingkatkan Produk Unggulan

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pacitan Eny Setyowati, saat membuka acara kompetisi kewirausahaan UMKM, Senin (6/8) kemarin. (dok. dinas koperasi umkm pacitan)

Pacitan, Villagerspost.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pacitan menggelar “Kompetisi Kewirausahaan bagi UMKM”. Acara tersebut dilaksanakan pada 6-7 Agustus, di gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan masuk dalam rangkaian bertajuk “Agoestoesan 2018” untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pacitan Eny Setyowati mengatakan, kompetisi ini juga merupakan upaya pemerintah untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Pacitan dalam meningkatkan kualitas produk yang dimiliki, agar dapat sejajar dengan produk nasional atau bahkan produk Internasional. “Salah satunya adalah agar mereka mampu mempresentasikan produk yang dimiliki,” kata Eny ketika ditemui di sela acara tersebut, Selasa (7/8).

Eny berharap dengan kemampuan tersebut, para pelaku UMKM akan mampu mengenali produknya dengan baik. “Mereka setidaknya lugas dalam berpromosi dan yang terpenting adalah mereka memahami kekurangan yang dimiliki, sehingga mereka memperbaiki produknya, sehingga produk akan lebih baik dan menjadi sempurna,” papar Eny.

Produk unggulan UMKM Pacitan yang ditampilkan peserta (dok. dinas koperasi dan umkm pacitan)

Kegiatan bergengsi itu diikuti oleh 32 peserta dari berbagai kecamatan di Kabupaten Pacitan. Salah satu kriteria yang harus dipenuhi adalah para pelaku UMKM sudah berdiri lebih dari dua tahun serta mempunyai omset yang jelas.

Kegiatan ini berbentuk kompetisi, setiap peserta bergiliran mempresentasikan produknya kepada dewan juri dan para dewan juri juga mendapat kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Mereka juga diberikan kesempatan untuk membawa pendukung sehingga kompetisi tersebut menjadi meriah.

“Ide ini muncul dari kreatifitas teman-teman pembimbing, saya apresiasi ide ini dan bulan ini adalah moment yang tepat untuk dilaksanakan,” jelas Eny.

Eny menegaskan, Dinas UMKM dan Koperasi adalah sarana “transportasi” bagi para pelaku UMKM, khususnya di Pacitan untuk dapat “Go” ke pasar yang lebih besar dan luas, dan kompetisi kewirausahaan UMKM ini adalah rangsangan bagi pelaku UMKM untuk terus berinovasi.

Eny mengatakan, pemerintah sangat berharap gedung PLUT dapat menjadi jujugan atau tujuan bagi masyarakat yang ingin mengembangkan produk unggulanya. “Pintu kami buka lebar bagi semua yang ingin mengembangkan dan menjajakan produknya,” kata Eny, membuka diri.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *