Begini Cara Mengolah Daging Buah Pala Menjadi Uang | Villagerspost.com

Begini Cara Mengolah Daging Buah Pala Menjadi Uang

Produk sari buah pala dan sirup buah pala produksi kelompok tani Bayang Bungo (dok. walhi)

Selain menceritakan kegiatan kelompok terkait pengolahan daging buah pala menjadi produk yang mendatangkan uang, kelompok tani Bayang Bungo juga berbagi tips mengolah daging buah pala yang dulu terbuang, hingga bisa menghasilkan uang. Berikut cara pengolahan daging buah pala menjadi sirup pala,selai pala, dan sari buah pala:

1. Sirup Pala

Sirup pala ini diolah dengan cara yang alami dan higenis. Langkahnya, pertama, pilih daging buah pala yang masih segar atau yang baru dipetik untuk hasil yang lebih baik. Kedua, daging buah pala dikupas, direndam, dan diiris dan lalu digiling mengunakan mesin pengiling untuk mendapatkan ekstrak air buah pala. Ketiga, ekstrak air buah pala ini lalu dimasak dengan menambahkan gula pasir, setelah itu dimasukan ke dalam botol yang sudah disterilkan dalam keadaan panas.

2. Selai Pala

Pengolahan selai pala hampir sama dengan pengolahan sirup pala. Untuk membuat selai pala, yang diolah adalah daging buah pala yang sudah dihaluskan dan di tambah gula pasir, lalu dimasak. Setelah itu dimasukan ke dalam botol yang sudah disterilkan dalam keadaan panas

3. Sari Buah Pala

Pengolahan sari buah pala berbeda dengan cara pengolahan sirup pala dan selai pala. Pengolahan sari buah ini tidak meengunakan mesin. Daging buah pala diiris dan ditambah kan gula pasir, langsung dimasak dan setelah itu dimasukan kedalam botol yang sudah di sterilkan dalam keadaan panas.

Ada beberapa khasiat dari olahan produk pala ini antara lain:

1. Menghilangkan masuk angin,
2. Menambah nafsu makan
3. Melancarkan pencernaan
4. Menghilangkan rasa mual/ingin muntah
5. Menghilangkan insomnia
6. Menghilangkan nyeri
7. Meredakan asam lambung
8. Mengobati diabetes
9. Menghilangkan sakit gigi
10. Menghilangkan bau badan

Tertarik dengan produk pala produksi kelompok tani Bayang Bungo? Untuk iInformasi lebih lanjut silakan menghungi nomor-nomor berikut:

1. Amelia Eka Putri, Bendahara kelompok: 085364767606
2.Rino Yuhanda, Village coordinator: 081374287160
3.Sri Hartati, Ketua kelompok: 0813697555095

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *