“Mie Sehat”: Mie Instan Organik Kreasi Petani Magelang | Villagerspost.com

“Mie Sehat”: Mie Instan Organik Kreasi Petani Magelang

Mie Sehat, produk mie instan organik kreasi petani Magelang dipamerkan di acara Rembuk Petani Nusantara (dok. villagerspost.com/ Danang)

Mie Sehat, produk mie instan organik kreasi petani Magelang dipamerkan di acara Rembuk Petani Nusantara (dok. villagerspost.com/ Danang)

Villager’s Forum – Mendengar kata “mie instan” bagi sebagian orang identik dengan makanan tak sehat. Gambaran buruk tentang mie instan ini membuat Majidun, Ketua Ikatan Petani Pengendalian Hama Terpadu (IPPHTI) Magelang, Jawa Tengah, prihatin. Pasalnya, meski dicap “tak sehat” mie instan tak dipungkiri menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Tingkat konsumsi mie instan di masyarakat Indonesia terhitung tinggi.

Berangkat dari keprihatinan itu, Majidun melihat, IPPHT Magelang punya peluang untuk memanfaatkan ceruk pasar mie instan yang besar. Maka Majidun pun menginisasi para petani Magelang, untuk menciptakan produk mie instan yang dapat menghapus image buruk mie instan selama ini.

Maka, pada tahun 2007, terciptalah produk “Mie Sehat”. Keunggulan mie instan kreasi petani Magelang ini adalah, seluruh bahan bakunya menggunakan bahan-bahan organik dan bersertifikasi yang ditanam oleh anggota jaringan IPPHTI Magelang. Dengan demikian, mie instan produksi petani Magelang ini terjamin kualitas dan keorganikannya.

Bahan-bahan dasar yang dipakai untuk membuat “Mie Sehat” ini diantaranya adalah bayam, cabai merah, beet, buah naga, pakcoy, dan tomat. Adapun tepung yang dipakai untuk menjadi bahan dasar mie adalah tepung mokaf atau tepung yang dibuat dengan bahan dasar ketela alias singkong yang juga diproduksi mandiri oleh IPPHTI Magelang.

Bahan dasar sayuran yang dipakai juga menjadi varian produk mie sehat, seperti “Mie Sayur Bayam”, “Mie Sayur Cabai Merah” dan “Mie Sayur Buah Naga” serta “Mie Hitam Arang Padi”.

Selain menggunakan bahan dasar sayuran organik yang menyehatkan, para petani IPPHTI juga memproduksi “Mie Sehat” dengan cara-cara yang higienis. Para pekerja di pabrik pengolahan “Mie Sehat” wajib menggunakan penutup kepala, masker dan sarung tangan selama produksi berlangsung. Alat-alat produksi juga selalu dicuci secara higienis dengan air panas setelah selesai proses produksi. Hal tersebut telah menjadi Standard Operational Procedure (SOP) produksi “Mie Sehat” yang wajib dipatuhi setiap pekerja.

Cara memasak “Mie Sehat” juga tak berbeda dengan cara memasak mie instan lainnya. Hanya saja keunggulannya, karena tak ada bumbu instan, mie organik kreasi petani Magelang ini bisa dimasak sesuai selera. Tertarik mencoba? Pembaca bisa menghubungi Majidun di: 0812 227 042 642. (*)

Facebook Comments
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *