Tips Pentingnya Membangun Pertanian Organik dari Mukalal, Ketua KTNA Berau | Villagerspost.com

Tips Pentingnya Membangun Pertanian Organik dari Mukalal, Ketua KTNA Berau

tips pertanian ramah lingkungan YouTube play
Mukalal, Ketua KTNA Kabupaten Berau yang berhasil membangun Kampung Manunggal Jaya yang tadinya gersang menjadi lumbung padi dan bahkan kemudian mengembangkan pertanian organik, berbagi pengetahuan tentang pentingnya pertanian organik. Dia menegaskan, petani saat ini harus mampu mengembangkan pertanian ramah lingkungan. Untuk itu, atas kerja sama dengan pihak Bank Indonesia, Mukalal pun mengembangkan pertanian organik pada lahan seluas 5 hektare di Labanan Jaya.

Mukalal mengatakan, petani harus mengembangkan pertanian ramah lingkungan karena kalau terus menggunakan input kimia, lingkungan akan rusak, pertanian akan hancur karena banyak serangan hama. “Sebaliknya kalau jaga lingkungan, pertanian akan baik, pangan sehat, tidak mengandung residu kima, lebih sehat lagi,” tegasnya.

Tak hanya membuka areal persawahan, Mukalal juga membina para petani dalam kelompok-kelompok tani. Mukalal sendiri hingga kini menjabat sebagai ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Manunggal Karsa. Gapoktan yang didirikan pada tahun 1998 ini memiliki empat unit kegiatan usaha dalam rangka melayani kebutuhan anggotanya, meliputi usaha pengadaan sarana produksi pertanian (saprotan), simpan pinjam, pengolahan serta unit pemasaran hasil pertanian.

Video: Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *