#OmahDesa: Muhammad Firdaus, Budidaya Lele di Masa Pandemi

Bogor, Villagerspost.com – Masa pandemi Covid-19, bagi sebagian orang merupakan masa yang sulit. Banyak usaha tutup dan banyak orang kehilangan pekerjaan. Namun, bagi Muhammad Firdaus (25 tahun), masa pandemi ini justru merupakan masa dimana dia bisa produktif.

Bermula dari usaha coba-coba di bulan November 2019, akhirnya Daus–demikian panggilan akrabnya–justru semakin menyeriusi bisnis pembenihan lele ketika masa pandemi datang menghantam. “Bulan Februari, kan pandemi Covid-19, nah justru sejak itu saya seriusin usahanya,” kata Daus kepada Villagerspost.com.

Mulanya, Daus berniat menjalan usaha pembesaran lele. Namun seiring perjalanan waktu, dia merasa, usaha pembenihan lele lebih menguntungkan ketimbang pembesaran. “Untuk pembesaran, kita banyak keluar modal untuk pakan, kalau di pembenihan pakan lebih sedikit, tetapi memang butuh ketelatenan, soalnya ngerawatnya memang susah, kayak ngerawat bayi,” katanya.

Memanfaatkan halaman di samping rumahnya seluas 300 meter persegi di Kampung Glonggong, Desa Kedung Waringin, Bojong Gede, Kabupaten Bogor, Daus membangun 15 kolam lele dengan berbagai ukuran untuk mendukung usahanya itu. Kolam-kolam itu difungsikan bukan hanya untuk menampung benih-benih lele, tetapi juga untuk menampung induk lele, kolam larva, dan benih-benih hasil sortiran yang siap dijual.

Tak mudah bagi Daus memulai usahanya. Pada langkah pertama, dia nyaris gagal total ketika 2000 ekor benih lele yang ditebarnya, mati nyaris semuanya. “Awalnya saya nggak tahu kenapa pada mati, cuma sisa seratusan, saya setelah itu belajar, ternyata selain karena jamur, juga faktor air yang kurang bagus,” ujarnya.

Terus belajar dari sesama pembudidaya lele di sekitaran Bojong Gede, Daus kini semakin mahir dalam berbudidaya lele. Ke depan, Daus berharap bisa semakin mengembangkan usahanya dan memperbaiki kualitas benih lele produksinya. Nambah kolam itu pasti, kedua yang penting pelanggan yang beli benih nggak kecewa,” katanya.

Karenanya Daus berencana untuk melakukan sertifikasi indukan lele varietas sangkuriang yang dibudidayakannya. Tujuannya agar keaslian benih terjaga kemurniannya, dan kualitas benih pun terjaga kualitasnya. Yuk simak obrolannya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *