#OmahDesa: Toga Materia Medica, Tanaman Obat untuk Masyarakat

Tangerang Selatan, Villagerspost.com – Berdiri sejak tahun 2014, Taman Tanaman Obat Keluarga (Toga) Materia Medica, telah berkembang lebih dari sekadar sebuah taman. Toga Materia Medica, kini berkembang menjadi sebuah arena wisata keluarga yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti taman bermain, danau, rumah pohon, sampai rumah terapi akupresur.

Lilies Saidah, Ketua Toga Materia Medica mengatakan, taman yang berdiri di Kawasan Terpadu Inovatif Bumi Puspitek Serpong Asri Sektor 3, Tangerang Selatan itu saat ini mengoleksi tak kurang dari 200 jenis tanaman obat. “Semua untuk kemanfaatan bagi masyarakat umum, khususnya di kawasan Bumi Puspitek Serpong Asri dan sekitarnya,” kata Lilies, kepada Villagerspost.com.

Banyak manfaat yang bisa dirasakan dari keberadaa Toga Materia Medica ini. Misalnya, jika ada ibu-ibu yang baru melahirkan anak dan ingin membersihkan mata si anak, bisa menggunakan tanaman telang yang ditanam di kawasan seluas 8000 meter persegi itu. “Telang banyak gunanya, selain membersihkan mata bayi, juga untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan sebagainya,” kata Lilies.

Selain tanaman telang, Toga Materia Medica juga menanam berbagai jenis tanaman obat lain seperti pegagan, berbagai macam rimpang seperti kunyit, kencur, dan jahe. “Jahe juga ada berbagai jenis seperti jahe emprit, jahe putih dan jahe merah,” kata Lilies.

Selain itu, di kawasan itu juga ditanam berbagai jenis tanaman buah seperti pepaya, jeruk, serta tanaman sayuran seperti okra, kol, bayam, kangkung, selada, dan lainnya. Tanaman-tanaman tersebut tidak dimanfaatkan secara mentah begitu saja, ibu-ibu yang tergabung di Toga Materia Medica–yang berjumlah total 75 orang–juga membuat berbagai jenis produk olahan dari tanaman obat dan sayur.

Misalnya, tanaman miana, bisa dibuat beragam jenis makanan seperti rolade miana. Juga bayam yang bisa dibuat menjadi keripik bayam. Kemudian aja juga berbagai jenis jamu seperti kunyit asam, teh telang dan lainnya. “Ke depan, selain mengembangkan beragam tanaman obat dan juga membangun kawasan wisata, kami juga akan membuka untuk kunjungan edukasi baik untuk pelajar, masyarakat umum maupun komunitas,” tegas Lilies.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *