Adu Ketangkasan Domba Garut | Villagerspost.com

Adu Ketangkasan Domba Garut

Adu Domba Garut YouTube play
Garut, Villagerspost.com – Seluruh pecinta serta peternak domba dari seluruh Jawa Barat berkumpul di Kabupaten Garut pada tanggal 5-6 Agustus lalu, untuk menggelar seni “Adu Ketangkasan Domba”. Acara tersebut dihelat di daerah Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

“Semua yang hadir merupakan domba-domba unggul yang siap bertarung memperebutkan piala Presiden Jokowi. Ini perhelatan setiap tahun di sini,” ujar Asep Kurnia, pencinta domba adu yang sengaja datang dari daerah Majalaya, Kabupaten Bandung.

Adu domba ini juga merupakan sebuah ajang adu gengsi. Pasalnya domba pemenang bisa dihargai selangit. “Kalau harga domba yang sudah juara biasanya sangat mahal ya kisaran 50 juta hingga 70 juta,” tambah Asep.

Asep menjelaskan, domba-domba yang datang dari luar kabupaten Garut biasa menginap terlebih dahulu sebelum hari “H” pertandingan atau adu ketangkasan berlangsung. Layaknya para atlet olah raga, mereka harus bersistirahat dengan cukup dan diberi pakan bergizi sebelum bertanding.

Dari penuturan Haji Didin, warga Cibuluh Kabupaten Garut, pencinta sekaligus peternak domba Garut yang unggul, untuk menghasilkan keturunan yang unggul peternak mengawinkan domba betinanya dengan pejantan juara. “Biasanya kalau sudah ada pejantan yang bagus, kita mencari induk pencetak. Artinya si induk jika melahirkan harus sama persis dengan pejantannya, dari mulai postur tubuh, balung (tulang) dan warna bulu. Baru itu disebut sebagai domba unggul,” paparnya.

Laporan/Video: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *