Ayo Menabung: Lagu Dongeng Literasi Perbankan Karya Pendongeng Keliling | Villagerspost.com

Ayo Menabung: Lagu Dongeng Literasi Perbankan Karya Pendongeng Keliling

Indramayu, Villagerspost.com – Pendongeng keliling pelestarian satwa dilindungi Samsuddin dan seorang musisi Anandi (Aron Key), merilis lagu karya mereka berjudul “Ayo Menabung”. Lagu yang musiknya diciptakan Aron dan lirik oleh Samsuddin ini, diciptakan terinspirasi dari seorang jurnalis yang menggagas dongeng literasi keuangan.

“Inspirasinya dari Mas Firman, dia seorang jurnalis yang mengajak saya dan wayang kardus saya untuk menyebarkan pesan menabung buat anak-anak sejak dini,” kata Samsuddin kepada Villagerspost.com, Minggu (7/6)

Samsuddin menjelaskan, tujuan pembuatan lagu sederhana ini adalah agar anak-anak selalu ingat jika menabung itu sangat besar manfaatnya. “Itu dicontohkan dalam lagu ini dengan lirik ‘menabung bisa membeli sepeda dan buku sendiri’. Pesan lainnya adalah bahwa sekolah dan membuka cakrawala pengetahuan itu penting,” jelasnya.

Dalam lagu ini juga tak lupa disisipkan pesan bagi anak-anak agar belajar berdisiplin. “Di awal lagu ada sisipan pesan untuk disiplin pada lirik ‘bu guru sudah menunggu ayo segera kawanku’,” kata Samsuddin.

Dia mengakui, tak mudah untuk menciptakan lagi anak-anak. “Lebih sulit dari membuat lagu untuk umum. Kata dan kalimat yang dipilih harus sederhana, mudah diingat serta dihafalkan anak-anak. nada dan irama yang dipilih tidak boleh yang sukar dicerna anak,” papar Samsuddin.

Meski sederhana dan harus mudah dipahami anak, Samsuddin mengatakan, lagu ini juga harus bisa dinikmati orang dewasa. “Lagu ini juga harus bisa dinikmati orang dewasa agar mereka bisa ikut menyebarkan pesan ini karena lagunya juga menyenangkan untuk didengar,” tegas Samsuddin.

Dia bercerita, proses kreatif untuk bikin lagu ini cukup menyita waktu. “Kami bikin lagu ini dari jam 8 pagi sampai jam 1 siang. Proses bikin videonya 1 jam. Saya yang membuat lirik, lagunya dikarang oleh Aron juga take vokalnya juga Aron,” pungkas Samsuddin.

Video: Samsuddin, pendongeng keliling pelestarian satwa langka

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *