Farmers Field Day: Mencintai Kembali Sorgum Sumba | Villagerspost.com

Farmers Field Day: Mencintai Kembali Sorgum Sumba

Sumba Timur, Villagerspost.com – Sorgum dahulunya adalah cinta pertama orang Sumba sebelum mengenal jagung dan beras. Sayangnya, sang cinta pertama itu, kini telah diduakan, ditigakan bahkan hampir dilupakan. Sorgum sebagai pangan pokok orang Sumba, justri nyaris punah tergantikan beras.

Karena itu, kelompok Mauliru Organik, berupaya mengembangkan kembali sorgum sebagai makanan pokok orang Sumba. Memasuki masa panen, tanggal 18 Desember lalu, mereka menggelar Farmers Field Day. Lewat gelaran itu, selain melaksanakan panen sorgum dan meresmikan pendirian rumah benih sorgum, para petani di Mauliru Organik juga berupaya memperkenalkan sorgum kembali kepada publik di Sumba.

Upaya ini cukup berhasil. Berbagai produk pangan olahan dari sorgum, mulai kembali dihujani cinta dan kasih sayang oleh para pengunjung. Mereka tampak antusias menikmati sorgum sebagai pangan pokok. Lewat gelaran Farmers Field Day ini, diharapkan orang Sumba segera kembali menumbuhkan sorgum di lahan hati mereka juga di lahan rumah mereka.

Laporan/Video: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *