Gotong-Royong Perbaiki Jembatan Reot Cara Anak Muda Yalisa

Kabupaten Bogor, Villagerspost.com – Sebuah jembatan sepanjang kurang lebih 30 meter dengan lebar 2 meter menjadi akses utama yang menghubungkan dua kampung di wilayah Kabupaten Bogor. Jembatan Pagersih, nama jembatan tersebut. Jembatan itu telah dibangun sejak tahun 1982 silam secara swadaya oleh warga sekitar.

Namun sayang, jembatan yang terhitung vital bagi warga ini mulai keropos dimakan usia. Besi penyangga jembatan ini sudah mulai terlepas, bahkan alas jembatan yang terbuat dari kayu itu kerap berlubang. Beruntung, masyarakat sekitar masih bersedia merawat jembatan yang mengubungkan Kampung Glonggong, Kecamatan Bojong Gede, dan Perumahan Gaperi, Kecamatan Cibininong tersebut.

Muhammad Rifai, yang saat ditemui Villagerspost.com tengah memperbaiki jembatan tersebut mengaku, Jembatan Pagersih dilewati ratusan kendaraan setiap harinya. Walaupun cukup sempit, jembatan ini juga kerap dilalui kendaraan roda empat.

“Terakhir dibenerin (diperbaiki secara menyeluruh) tahun 2004 lalu. Awalnya ini jembatan gantung yang dibangun tahun 70-an. Setelah itu masyarakat setempat yang swadaya (memperbaiki jembatan secara sukarela),” ujar pemuda yang juga anggota Yayasan Lintas Sungai Abadi (Yalisa) tersebut, Jumat (28/7).

Karena tak lagi kokoh, jembatan reot yang berdiri di atas sungai Ciliwung itu harus selalu dirawat. Rifai mengaku dia dan kawan-kawannya harus mencari balok kayu bekas untuk menambal bagian yang berlubang. “Kondisinya ya begini, setiap minggu harus ditambal. Kami biasa mencari balok kayu untuk menambal bagian yang bolong (berlubang),” ungkapnya.

Para pemuda yang tergabung dalam Yalisa, harus merelakan waktu dan tenaga mereka menjaga kelestarian daerah bantaran sungai Ciliwung. Memperbaiki jembatan adalah satu di antara kegiatan rutin yang mereka lakukan. Para aktivis lingkungan ini juga kerap melakukan penyusuran sungai Ciliwung untuk membersihkan sampah, dan mengedukasi masyarakat sekitar agar turut menjaga lingkungan.

Video/Laporan: F. Rizaldi, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *