Hortikultura Organik di Mangganipi

Sumba Barat Daya, Villagerspost.com – Kebutuhan sayuran untuk dikonsumsi masyarakat di Pulau Sumba makin meningkat. Hal ini sejalan dengan bertambahnya penduduk setempat serta diikuti tingkat kesadaran masyarakat dalam peningkatan gizi bagi anggota keluarganya.

“Semenntara ini kebutuhan hortikultura sebagian besar untuk wilayah kabupaten Sumba Barat Daya masih dikirim dari luar Pulau Sumba,” ujar Martinus Wakur seorang petani di wilayah Mangganipi, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

“Kebanyakan warga di sini hanya tanam sayur putih (sawi) saja.cItupun tidak banyak hanya untuk kebutuhan sendiri bukan untuk dijual,” katanya menambahkan.

Karena itu, Martinus mengaku senang dengan adanya demplot hortikultura organik di Mangganipi. Demplot itu merupakan angin segar bagi perkembangan pertanian di Sumba Barat Daya.

“Masyarakat petani bisa belajar langsung, apalagi ini saatnya musim hujan merupakan hal yang langka. Sebab petani di Sumba secara umum mereka hanya berani tanam sayur saat musim kemarau saja,” kata Martinus.

Lanjut Martinus, untuk hal penanganan hama dan penyakit, pengetahuan petani juga masih sangat minim. “Makanya petani tidak berani budidaya di musim hujan,” ujarnya.

Teks/Video: Rahmat Adinata, Anggota Gerakan Petani Nusantara, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *