Integrasi Tani-Ternak Ala Petani Muda Brebes | Villagerspost.com

Integrasi Tani-Ternak Ala Petani Muda Brebes

Brebes, Villagerspost.com – Bertani dan beternak sejatinya bukanlah dua kegiatan yang terpisah. Bertani dianggap sebagai aktivitas hulu dari kegiatan peternakan. Karenanya, petani muda di Desa Sidamulya, Brebes, Jawa Tengah, kini tengah berupaya mengintegrasikan keduanya.

Pada kegiatan pertanian, para petani melakukan sistem tumpang sari, di mana pada satu lahan ditanam tiga komoditas pertanian sekaligus yaitu bawang merah, kacang tanah dan cabai. Dalam proses ini, bawang merah ditanam terlebih dahulu.

Kemudian, hari berikutnya atau seminggu kemudian, kacang tanah menyusul ditanam di samping samping bedengan atau di sela jarak tanam bawang merah. Kemudian seminggu berikutnya menyusul ditanam tanaman cabai.

Pada umur tanam 50 sampai 60 hari bawang merah sudah bisa dipanen, dan kacang tanah sudah berbunga. Sedangkan cabai sudah besar batangnya namun tidak mengganggu waktu pemanenan bawang merah karena belum terlalu rimbun daunnya . Sebulan kemudian kacang tanah panen dan cabai juga mulai panen meski baru sedikit

Nah, pasca panen, limbah-limbah jerami dari tanaman kacang tanah ini bisa diawetkan sebagai cadangan pakan ternak, dalam hal ini kambing, pada musim hujan atau musim kering ketika tidak ada rumput. Limbah jerami yang segar juga bisa diberikan sebagai pakan ternak pengganti rumput.

Limbah daun bawang merah juga bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak. Limbah tanaman cabai nantinya kalau sudah tidak produktif dan dicabut pun bisa juga dimanfaatkan untuk pakan ternak. Dengan demikian, semua tidak tersisa karena dapat dimanfaatkan dengan baik.

Tak hanya limbah pertanian yang bisa dimanfaatkan untuk peternakan. Limbah peternakan pun, berupa kotoran hewan atau sudah diproses dikomposkan bisa dimanfaatkan untuk pupuk alami bagi tanaman.

Laporan/Video: Suharjo, petani muda Desa Sidamulya, Brebes, Jawa Tengah

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *