JAMTANI: Laboratorium Dari Petani, Oleh Petani dan Untuk Petani | Villagerspost.com

JAMTANI: Laboratorium Dari Petani, Oleh Petani dan Untuk Petani

Pangandaran, Villagerspost.com – Istilah “laboratorium” bagi sebagian besar petani secara umum mungkin masih asing di telinga. Begitu pun posisi keberadaannya, umumnya petani berpikir, pasti yang memiliki laboratorium hanyalah pemerintah atau instansi-instansi penelitian, atau juga kalangan perguruan tinggi.

Namun tidak demikian dengan JAMTANI (Jaringan Masyarakat Tani Indonesia) yang berlokasi di wilayah Pangandaran Jawa Barat. Mereka mendirikan laboratorium secara khusus untuk kalangan petani.

Tujuannya adalah bagaimana posisi petani bisa menjadi petani peneliti (Farmer Researcher) sehingga petani bisa menjadi pemimpin serta penentu (subyek) di lahannya masing-masing. “Laboratorium JAMTANI dibangun untuk mencerdaskan para petani di Indonesia,” kata Kustiwa Adinata dari JAMTANI.

Salah satu produk hasil penelitian petani di laboratorium JAMTANI ini adalah jenis benih padi TADAS (Tahan Dampak Air Asin). Andaikan lahan-lahan sawah terkena banjir rob, ketika air laut naik secara otomatis akan selamat. Tentu saja istilah “gagal panen” tidak akan jadi langganan yang selalu berdengung di telinga kita, saban ada bencana.

Laporan/Video: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *