Kepak Sayap “Sarinah” Mencerdaskan Anak Petani di Sumba Tengah

Sumba Tengah, Villagerspost.com – Setiap hari libur atau menjelang sore Rumah Baca “Sarinah” selalu dipenuhi oleh anak-anak yang umumnya adalah anak petani dari sekitaran desa Malinjak, Kecamatan Katikuna Selatan, Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Mereka sengaja datang untuk membaca dan belajar mewarnai buku gambar yang sudah disediakan oleh pendiri rumah baca tersebut.

“Saat mau mendirikan rumah baca ini waktu itu agak sedikit gamang, apakah akan ada anak-anak sekitar yang mau datang ke tempat ini. Kemudian andai anak-anak sudah pada datang apakah yang dibutuhkan oleh mereka tersedia?” ujar Rooslinda Rambu Lodji sang pendiri Rumah Baca Sarinah, kepada Villagerspost.com.

Namun seiring perjalanan waktu, ternyata kekhawatiran Rooslinda bisa ditepis. “Seiring dengan bergulirnya waktu, rupanya saya tidak sendirian dan ada saja yang mendonasikan buku-buku buat anak-anak Sarinah. Ya walaupun kita ada di daerah terpencil tapi kalau bicara pendidikan tetap saja harus diutamakan,” imbuh ibu tiga anak ini.

“Sekarang rumah baca Sarinah sudah terdaftar di Kemendikbud sebagai penerima buku hibah. Puji Tuhan ini semua berkat bantuan dari kawan-kawan yang ada di luar Sumba, hingga Sarinah tidak sendirian. Pemerintah setempat pun sangat mendukung,” pungkas alumni Unkriswina, Sumba ini sambil berkaca-kaca.

Laporan/Video: Rahmat Adinata dan Rooslinda Rambu Lodji, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *