Kesadaran Perempuan Sumba Merawat Alam dan Manusia

Sumba Tengah, Villagerspost.com – Fitrah perempuan adalah merawat dan menjaga titipan Tuhan di bumi ini, termasuk merawat manusia dan alam. Para perempuan Sumba yang tergabung dalam Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) cabang Sumba Tengah, sangat menyadari hal ini.

Bagi mereka, ada keterkaitan antara merawat tanah sebagai rahim bumi dengan upaya merawat anak-anak dan keluarga dengan menyediakan makanan yang sehat. Tanah yang sehat, menghasilkan makanan sehat bagi keluarga.

Dengan semangat tersebut, pada Rabu (20/9) kemarin, sejumlah 31 ibu-ibu anggota KPI Sumba Tengah, melakukan pelatihan praktik pembuatan pupuk organik. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Manurara, Kecamatan Katikutana Selatan, Sumba Tengah. Pelatihan ini dilakukan atas kerjasama dengan MCA Indonesia.

“Para petani, utamanya kaum ibu sudah mulai sadar akan pentingnya makanan yang sehat untuk keluarga serta generasi masa depan bangsa,” kata Rooslinda Rambu Lodji, pemateri dari Gerakan Petani Nusantara (GPN) Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sebelum melakukan praktik pembuatan pupuk, tambah Rooslinda, peserta belajar tentang ekosistem dulu, agar mampu menghargai mahluk hidup yang ada, yang bisa saling ketergantungan dengan mahluk yang lainnya. “Sebagai misal banyak tanaman yang bisa dijadikan obat andai ibu-ibu usai melahirkan, tapi karena seringnya menggunakan herbisida otomatis tanaman yang dibutuhkanpun punah,” tambah ibu tiga anak ini.

“Kegiatan praktik pembuatan pupuk organik ini hanya satu hari saja, bagaimana kaum perempuan mampu memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar menjadikan sesuatu yang bernilai dalam menunjang ketahanan pangan yang sehat,” ujar Weli Kono, koordinator pelaksana lapangan KPI Sumba Tengah.

“Bagaimanapun kaum ibu merupakan garda terdepan dalam hal menyiapkan hidangan bagi keluarganya, dengan adanya kegiatan ini besar sekali manfaatnya bagi mereka,” pungkasnya.

Video/Laporan: Rooslinda Rambu Lodji, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *