Menyulap Daun dan Umbi Gadung Menjadi Pestisida Organik

Sumba Timur, Villagerspost.com – Para petani Desa Tamma, Kecamatan Pahungalodu, Kabupaten Sumba Timur melalui program SPARC melakukan praktik langsung pembuatan pestisida organik dari daun daunan dan iwi atau gadung racun. Selain itu, mereka juga belajar pembuatan bekong sebagai tempat biji semai sayuran dari daun pisang, serta praktik pembuatan pengurai pupuk organik.

Untuk mengolah iwi menjadi pestisida organik, para petani diajarkan untuk merendam iwi atau gadung selama satu malam. Paginya, air rendaman iwi disaring dan cairan yang sudah disaring inilah yang bisa dijadikan pestisida alami untuk disemprotkan ke hama tanaman.

Pestisida organik dari iwi ini, fungsinya untuk mengganggu urat syaraf serangga. Pasalnya dalam umbi gadung ini terdapat kandungan zat sianida. “Bersyukur bahan yang dibutuhkan sudah tersedia jadi tidak perlu diimpor dari luar Pulau,” Ujar Nanie Praing,dari KOPPESDA sebagai pendamping desa Tamma, kepada Villagerspost.com.

Dengan belajar memanfaatkan bahan-bahan di sekitar, diharapkan petani mampu mandiri dan melepaskan diri dari ketergantungan. “Hanya saja kuncinya, mereka mau tidak dan berkelanjutan agar ke depan mampu melepas ketergantungan, sebab ternyata bahan yang dibutuhkan sudah tersedia di alam sekitar,” ujarnya lagi.

Video/Teks: Rahmat Adinata, Petani Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara Sumba Timur, NTT

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *