Pameran Produksi Desa, Ala Desa Kalensari

Warga desa Kalensari antusias melihat-lihat produk warga desa yang dipamerkan (dok. villagerspost.com/h. masroni)
Ternak warga yaitu ternak burung pun ikut dipamerkan di acara ini (dok. villagerspost.com/h. masroni)
Produk kerajinan warga kalensari dari daur ulang sampah ikut dipamerkan (dok. villagerspost.com/h. masroni)
Produk kerajinan warga banyak menarik minat pengunjung pameran (dok. villagerspost.com/h. masroni)

Indramayu, Villagerspost.com – Pemerintah selama ini memang mendorong setiap desa memiliki satu produk unggulan. Nah, di Desa Kalensari, Indramayu, masyarakat bukan lagi sekadar berpikir menciptakan produk unggulan, namun lebih jauh lagi sudah memikirkan bagaimana memasarkan produk-produk tersebut.

Karena itulah, digagas oleh para pemuda dari Karang Taruna dan BUMDes Berkah Mandiri Desa Kalensari, warga desa menghelat acara “Gelar Pameran Produk Desa”, pada hari Minggu (6/8). Acara yang digelar di halaman sekolah dasar negeri Kalensari itu. Ke depannya acara ini ┬ábakal menjadi agenda rutin desa dan akan dilaksanakan setiap hari Minggu pukul 07.00 hingga selesai.

Pada acara tersebut, warga bisa memamerkan produk-produk yang mereka hasilkan mulai dari sarana pertanian, ternak warga, hingga kerajinan dari olahan sampah. Warga juga bisa saling bertukar produk hingga bertukar informasi terkait produk yang dimiliki.

Ketua BUMDes Berkah Mandiri Agus Syamsurohman mengatakan, ajang pameran produk desa ini baru pertama kali dilakukan dan nilai transaksi yang terjadi masih bisa dibilang minim. “Transaksi jual beli yang baru pertamakali diadakan ini masih dibawah 5 jutaan harapan ke depan partisipasi warga untuk memasarkan produknya melalui satu wadah yaitu BUMDes agar ekonomi warga desa bisa terkontrol dengan baik,” ujarnya.

Foto/Laporan: H. Masroni, Kepala Desa Kalensari, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

 

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *