Rayakan Hari Bumi dengan Belajar Membuat Pakan Organik

Sumba Timur, Villagerspost.com – Merayakan peringatan Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April kemarin, bagi perempuan di Desa Mbatapuhu, tak harus dilakukan lewat upacara atau perayaan yang sifatnya seremonial. Menuntut ilmu, khususnya ilmu pertanian organik agar bumi tetap lestari, adalah cara yang ditempuh perempuan Mbatapuhu untuk memperingatinya.

Karena itu, para perempuan dan anggota kelompok petani di desa Mbatapuhu, melakukan praktik pembuatan pakan ternak organik. Jumlah bahan yang dipraktikan tidak begitu banyak, hanya sekitar 40 kg saja. Sebelum mulai praktik, anggota kelompok terlebih dahulu memahami rangkaian prosesnya dengan melihat atau merasakan adanya fakta serta data yang mereka lakukan, hingga bisa menarik kesimpulan.

“Anggota bisa menguasai dulu ilmunya, setelah itu akan praktik di rumahnya masing-masing. Apalagi batang pohon jagung selama ini hanya sebagian kecil saja yang dimanfaatkan untuk ternak, terlebih mereka kan punya ternak sendiri-sendiri. Cara praktiknya pun sangat sederhana,” kata Kepala Desa Mbatapuhu, Kecamatan Haharu, Sumba Timur Domianus Renggitay.

Video/Laporan: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *