Roadshow Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan | Villagerspost.com

Roadshow Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan

Makassar, Villagerspost.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sulawesi Selatan menggelar roadshow untuk menumbuhkan minat membaca di kalangan anak-anak muda. Salah satu dari kegiatan roadshow itu, dihelat di Hotel Grand Imawan, Makassar, Kamis (27/6).

Dalam kegiatan itu, hadir sebagai pembicara tiga orang pegiat literasi di Sulawesi Selatan. Tampil sebagai pembicara pertama adalah Andika Mappasomba, penulis buku berjudul: “Malewa, Lelaki yang Berjalan di Atas Air.

Pria yang merupakan tokoh pegiat literasi Sulawesi Selatan itu mengatakan, kunci dari gerakan literasi adalah memperkuat jaringan. “Semakin kuat jaringan semakin kuat gerakan literasi,” ujarnya.

Sementara itu, pembicara berikutnya, Andi Tenri Adi mengatakan, melalui literasi inklusi, masyarakat akan mampu meningkatkan taraf ekomomi mereka. Andi sendiri merupakan Direktur Elsim, sebuah lembaga literasi inklusi sosial yang bergerak dalam bidang literasi untuk peningkatan perekonomian melaui usaha kopi masyarakat petani.

Tampil berikutnya adalah Jamaluddin Daeng Abu, pendiri Rumah Koran, pegiat gerakan literasi di Desa Kanreapia, Kabupaten Gowa. Jamaluddin mengatakan, melalui gerakan cerdas anak petani, Rumah Koran berupaya mewujudkan petani yang cerdas dan berdaya saing.

“Literasi adalah cara untuk keluar dari penjajahan kebodohan, dan jalan literasi optimalisasi potensi desa bisa di gali sehingga SDM dan Ekonomi lebih maju,” ujarnya.

Acara roadshow “Gemar Membaca” ini semakin semarak, dipandu oleh oleh Duta Baca Sulawesi Selatan Rezki Amelia, yang juga seorang pendiri Perpustakaan Lorong di Kota Makassar. Kegiatan roadshow ini dihadiri oleh pegiat-pegiat literasi se-Sulawesi Selatan dan dibuka langsung oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan Moh. Hasan, SH. MH.

“Ajakan membaca harus di mulai dari diri dan keluarga terdekat terlebih dahulu, agar menjadi contoh kepada orang lain,” kata Hasan, dalam sambutannya.

Editor: M. Agung Riyadi
Video: Rumah Koran

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *