Rumah Benih Sorgum di Mauliru Organik | Villagerspost.com

Rumah Benih Sorgum di Mauliru Organik

Sumba Timur, Villagerspost.com – Para petani yang tergabung di kelompok Mauliru Organik, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, tak hanya berupaya membangkitkan kembali sorgum sebagai pangan lokal Sumba dengan cara menanamnya. Mereka kini juga sadar untuk mulai merawat dan memelihara benih sorgum untuk keberlanjutan budidaya sumber pangan lokal tersebut.

Karena itu, pasca melaksanakan panen sorgum pada pertengahan Desember lalu, para petani mendirikan “Rumah Benih Sorgum” untuk menyimpan benih-benih sorgum unggulan yang dipilih pasca panen. Rumah Benih Sorgum ini boleh jadi merupakan yang pertama ada di Indonesia, mengingat, jangankan memelihara benih, membudidayakan sorgum pun sudah jarang dilakukan di daerah lain di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur.

Perjuangan para petani Mauliru Organik menghidupkan sorgum sebagai pangan lokal Sumba ini bukan tanpa halanga. Saat akan memulai menanam kembali sorgum, mereka dihadapkan pada musim kemarau yang ekstrem. Untunglah dengan kerja keras, mereka berhasil membuat pompa swadaya dengan menggunakan mesin bekas sepeda motor untuk mengairi lahan. Meski kemarau panjang, mereka tetap bisa panen, dan menghasilkan benih-benih unggul untuk musim tanam berikutnya.

Laporan/Video: Rahmat Adinata, praktisi pertanian organik, jurnalis warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *