Safari Organik di Bidihunga | Villagerspost.com

Safari Organik di Bidihunga

Sumba Timur, Villagerspost.com – Lawatan kegiatan “Safari Organik” yang dihelat Yayasan MARADA yang tergabung ke dalam konsorsium Subur Makmur DAS Kadahang (SMDK) dengan dukungan MCA Indonesia, dimulai dari desa Bidihunga, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur, Jumat (28/4) lalu. Dalam kegiatan Safari Organik tersebut, para fasilitator mengadakan pelatihan praktik langsung berupa pembuatan pupuk organik dan pestisida organik, untuk para petani.

Selain itu dilakukan diskusi seputar permalahan pertanian yang mereka hadapi, kemudian kunjungan langsung ke lahan petani. Disela-sela kegiatan yang dilaksanakan, malam harinya, panitia mengadakan acara nonton bareng seputar pertanian organik. Rasa haus akan bentuk informasi terlihat jelas bagi mereka yang mengikuti kegiatan maupun nonton bareng pada malam harinya.

Ketika Film ditayangkan, petani yang hadir menyambutnya dengan riuh, sebab yang ada di layar invocus ternyata adalah mereka sendiri. “Mama kenapa bisa ada di situ..?” celetuk seorang anak kepada ibunya. Rupanya dengan adanya pemutaran film tentang apapun sangat bermanfaat bagi warga desa yang jauh dari akses terhadap informasi.

Laporan/Video: Rahmat Adinata, Praktiksi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *