Safari Organik: Mengenang Lewa Sebagai Lumbung Pangan Sumba Timur

Sumba Timur, Villagerspost.com – Safari Organik di Sumba Timur masih terus berlanjut. Kali ini menyapa Desa Kambohapang yang merupakan pintu gerbang masuk Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Di kiri dan kanan hamparan sawah akan nampak, jika sudah musim tanam tiba, begitupun andai musim panen sudah waktunya akan terlihat kesibukan para petani setempat.

Dahulu kala Lewa dikenal sebagai kawasan lumbung pangan Sumba Timur. Ssebab tingkat kesuburan dan iklim yang dimilikinya cukup potensi dalam mengembangkan sisi pertaniannya, hingga dikenal pula dengan sebutan sebagai penghasil #BERAS Lewa.

Sekarang…? Hanyalah tinggal kenangan. Gelar sebagai lumbung pangan, mungkin hanya angan-angan. Begitu juga sebagai penghasil #Beras Lewa yang terkenal nikmat sepertinya tidak akan bangkit lagi.

Proses degradasi produksi ini banyak yang menjadi faktor penyebabnya. Seperti para petani selalu berharap instan dalam penanganan hama dan penyakit dengan menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Pemupukan pun demikian, selalu melebihi ambang batas hingga tanah semakin rusak yang berdampak pada penurunan produksi.

Teks/Video: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *