Safari Organik: Petani Desa Kondamara Pahami Musuh Alami Hama | Villagerspost.com

Safari Organik: Petani Desa Kondamara Pahami Musuh Alami Hama

Sumba Timur, Villagerspost.com – Kegiatan Safari Organik untuk wilayah tengah yang dilaksanakan oleh Yayasan MARADA, berakhir di desa Kondamara, Kecamatan Lewa, Kabupaten Sumba Timur. Mengunjungi 4 desa secara marathon cukup melelahkan juga secara fisik, namun sangat menyegarkan bila dirasakan oleh jiwa.

Alasannya bisa berbagi dan bertemu dengan banyak petani. Bisa merasakan bagaimana keluh kesah mereka saat berdiskusi. Mengunjungi lahan petani secara langsung dengan diikuti diskusi di bawah terik matahari adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh petani. Memahami mana hama, penyakit dan musuh alami. Poin-poin inilah yang harus sampai. Sebab terkadang petani belum bisa membedakan ketiga jenis organisme tersebut di atas.

Dampak dari ketidaktahuan tersebut, sebagai contoh banyak musuh alami yang menguntungkan petani tewas terbunuh dengan adanya penggunaaan bahan-bahan kimia sintetis. Pemahaman inilah yang harus sampai kepada petani, agar alam tetap terjaga, lingkungan aman demi menuju pertanian ekologis yang ramah lingkungan.

Laporan/Video: Rahmat Adinata, Praktisi Pertanian Organik, Anggota Gerakan Petani Nusantara

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *